Menghentikan Kereta Api
Blok Rem Komposit Kereta Api "Made in Indonesia"
Deskripsi Singkat
Kita harus memastikan bahwa kendaraan kita berhenti pada saat dibutuhkan, karenanya sistem pengereman yang handal diperlukan, apalagi untuk kendaraan sebesar dan seberat kereta api.
Blok rem kereta api adalah salah satu komponen yang paling sering perlu diganti. Bahan blok rem saat ini menggunakan bahan besi cor yang berat, mahal, dan cepat aus.
Dengan komposit yang diusulkan, blok rem menjadi jauh lebih ringan, lebih murah, dan ketahanan blok rem dapat ditingkatkan sampai 3 kali lipat bila dibandingkan dengan blok rem dari besi cor.
Stopping Moving Trains
Short Description
Cast iron as 'brake pads' for railcars are now being replaced with lighter, more durable, and cheaper materials.
With more than 90% locally available material components, this new material offers many advantages, such as easier to replace, last up to three times longer than the conventional iron brake pads, and surely it is cheaper.
Perspektif
Mengembangkan substitusi yang lebih baik, lebih ringan, lebih kuat, lebih murah; disamping penggunaan komponen lokal bisa mencapai 90% atau lebih.
Keunggulan Inovasi:
- Lebih ringan: dengan komposit beratnya 2,7 kg sedangkan dengan cast iron beratnya 11 kg
- Umur pakai lebih lama: east iron diganti setiap bulan, komposit hanya perlu diganti tiga bulan sekali
- Tidak memercikkan api saat pengereman
- Tidak dicuri: kanvas rem komposit tidak memiliki nilai sisa, sedangkan cast iron bisa dijual kiloan
- Pemasangan dan pelepasan rem saat penggantian / reparasi lebih mudah
Potensi Aplikasi:
Aplikasi bahan komposit untuk kanvas rem kereta-api ini berpotensi untuk berbagai fungsi mekanis lain dimana terjadi proses gesekan atau tumbukan, dan diperlukan bahan yang sengaja "dikorbankan".
Innovator:
Tim Inovasi
Institusi
Alamat
Status Paten
Telah Terdaftar
Kesiapan Inovasi
*** Telah Dikomersialkan
Kerjasama bisnis
*** Terbuka
Peringkat Inovasi
*** Paling Prospektif
File
Tidak ada
Video
Tidak ada