Melestarikan Budaya Kita Sambil Bermain
SERIOUS GAME BASED ON VIRTUAL REALITY AS AN INTRODUCTION AND LEARNING MEDIA OF TRADITIONAL MUSICAL INSTRUMENTS JAVANESE GAMELAN
Deskripsi Singkat
Pengembangan aplikasi berbasis virtual reality (VR) ini bertujuan agar masyarakat dapat belajar memainkan gamelan Jawa dengan mudah dan murah, tanpa harus menggunakan gamelan secara fisik. Digunakannya pendekatan serious game sebagai media pembelajaran adalah agar masyarakat lebih tertarik mengenali dan belajar kebudayaan bangsa yang serius, namun dikemas dengan cara yang menyenangkan (entertaining).
Inovasi ini bertujuan memberikan pengenalan, pembelajaran, serta pengalaman bermain gamelan, yang semirip mungkin dengan menggunakan gamelan asli. Untuk itu, dalam pengembangannya, inovasi ini dievaluasi oleh pengajar gamelan, oleh para siswa sendiri, dan oleh para pengguna gamelan dari masyarakat umum.
Preserving Our Culture While Playing
Short Description
This virtual reality (VR) based application aims to make people learn to play Javanese gamelan easily and cheaply, without having to physically use actual gamelan. The use of a serious game approach as a learning medium is to arouse public interest to appreciate and to learn the nation's cultural heritage, which is serious; but packaged in an entertaining way.
This innovation aims to provide an introduction, learning, and experience of playing gamelan, as similar as possible, to using the original gamelan. In its development, this application is evaluated by gamelan teachers, by the students themselves, and by gamelan users from the general public.
Perspektif
Inovasi bisa dihasilkan dari perkawinan antara tradisi dan seni dengan teknologi; juga antara pembelajaran yang serius dengan pengalaman belajar yang menyenangkan.
Keunggulan Inovasi:
- Mengkombinasikan pembelajaran seni dan tradisi yang serius dengan aplikasi Virtual Reality yang berteknologi canggih namun entertaining,
- Menyediakan sarana untuk mempelajari gamelan secara praktis dan biayanya terjangkau,
- Menghasilkan pengenalan, pembelajaran, dan pengalaman bermain gamelan yang sangat mirip bermain dengan gamelan asli.
- Kapasitas belajar dapat dilipat-gandakan dengan mudah dan murah.
Potensi Aplikasi:
Karena aplikasi dapat dikembangkan dengan mudah dan murah, program belajar gamelan dapat ditawarkan dengan leluasa, tanpa memerlukan investasi membeli perangkat gamelan, dan secara mudah diselenggarakan dimanapun dan kapanpun. Aplikasi juga dapat ditawarkan sebagai sarana pendidikan kesenian dan budaya di sekolah-sekolah, atau dalam penyelenggaraan missi kesenian ke mancanegara tanpa terkendala kesulitan mengadakan perangkat gamelan.
Innovator:
Tim Inovasi
1 Yogi Udjaja
2 Dimas Ramdhan
3 Agnes Kurniati
4 Adrian Crisandy
5 Vincent Kaiuman
Institusi
Universitas Bina Nusantara
Alamat
Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530
Status Paten
Belum Didaftarkan
Kesiapan Inovasi
* Prototype
Kerjasama bisnis
* Terbatas
Peringkat Inovasi
* Prospektif
File
Tidak ada
Video
Tidak ada