Jaga Penumpang Selalu Seimbang
PENINGKATAN SAFETY TRAIN DENGAN TICKETING
Deskripsi Singkat
Pergeseran Dynamic Center of Gravity (COG) dari gerbong kereta mempengaruhi stabilitas jalannya kereta. Terganggunya stabilitas kereta saat berjalan, selain mengurangi kenyamanan, juga bisa mengancam keselamatan kereta, misalnya jika terjadi penggelinciran atau bahkan tergulingnya rangkaian kereta.
Inovasi ini mengembangkan algoritma tiket baru untuk menjaga stabilitas kereta dan meningkatkan keselamatan operasional kereta api, dengan meminimalkan pengaruh beban pada pergeseran titik berat gerbong. Algoritma yang dibangun membatasi kebebasan penumpang dalam memilih kursi, kemudian hasilnya dibandingkan dengan algoritma tiket yang berlaku, serta algoritma safety-as-priority (SAP) secara analitik melalui pendekatan simulasi numerik. Hasilnya menunjukkan bahwa algoritma baru ini dapat menjaga stabilitas perjalanan kereta, tanpa mengorbankan kepuasan penumpang.
Keep Passengers Balanced
Short Description
The shift in the Dynamic Center of Gravity (COG) of the train cars affects the stability of the train. Interference to the stability of the train apart from reducing comfort, can also become a safety threat. This innovation develops a new ticketing algorithm to maintain train stability and its operational safety, by minimizing the effect of load shifting to the carriage's center of gravity. The algorithm built limits the freedom of passengers in choosing their seats, then the results are compared with the applicable algorithms, as well as the safety-as-priority (SAP) algorithm, through a numerical simulation. The results show that this new algorithm can maintain the stability of train travel, without compromising passenger satisfaction.
Perspektif
Perubahan paradigma penumpang kereta: dari beban untuk diseimbangkan, menjadi penyumbang bagi keseimbangan kereta.
Keunggulan Inovasi:
- Dapat mengoptimalkan perjalanan kereta dengan memperhatikan faktor keselamatan, kenyamanan, dengan tetap mempertahankan berbagai preferensi penumpang;
- Teruji dapat memperbaiki kondisi existing, dengan menurunkan perubahan COG longitudinal sebesar 61.5% dan lateral sebesar 10%;
- Algoritma bersifat preemptive serta universal, sehingga penerapannya tidak memerlukan perubahan infrastruktur kereta seperti penerapan gyro stabilizer pada kereta;
- Dapat langsung diterapkan pada kereta, stasiun, serta sistem rel yang telah ada.
Potensi Aplikasi:
Algoritma tiketing yang mengatur posisi penumpang kereta api dapat langsung diaplikasikan pada sistem perkereta-apian yang ada saat ini, sehingga dapat meningkatkan keamanan kereta secara umum, dan untuk menaikkan kecepatan maksimal kereta saat melalui lintasan berbelok. Inovasi ini juga berpotensi untuk dikembangkan pada berbagai moda transportasi lain seperti pesawat terbang komersial, dan juga kereta cepat yang akan segera beroperasi di Indonesia.
Innovator:
Tim Inovasi
Sugiono, PhD, Dr. Willy Satrio Nugroho, ST., MT, Evan Wiryawan, Oke Oktavianty, Dwi Hadi Sulistyarini
Institusi
PT KAI
Alamat
Departemen Teknik Industri, Universitas Brawijaya
Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145
Status Paten
Dalam Proses Pengajuan
Kesiapan Inovasi
** Siap Dikomersialkan
Kerjasama bisnis
** Luas
Peringkat Inovasi
** Sangat Prospektif
File
Tidak ada
Video
Tidak ada