Berlatih Teliti Sebelum Membeli
SUATU SET PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN PRODUK
Deskripsi Singkat
Banyak masyarakat kita yang belum memahami hak-hak hak konsumen. Data Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menunjukkan, sebanyak 62% masyarakat Indonesia yang belum mengetahui dan menggunakan hak mereka sebagai konsumen.
Inovasi ini menawarkan suatu set permainan untuk meningkatkan pengetahuan konsumen dalam memilih produk secara sehat dan bijak, memperoleh haknya, namun sesuai dengan kondisi keuangannya. permainan ini terdiri dari papan permainan, dadu, kartu identitas, dan kartu-kartu pendukung. Permainan ini adalah untuk empat orang bermain dan seorang sebagai bandar/pemandu permainan. Permainan berakhir ketika ada satu orang pemain mencapai finish atau dapat juga berdasarkan batas waktu, dan yang menjadi pemenang adalah pemain dengan jumlah "perolehan" terbanyak saat waktu bermain habis.
Watchful Before Buying Game
Short Description
Many of our people do not understand consumer rights. Data from the National Consumer Protection Agency (BPKN) shows that 62% of Indonesian people do not know and exercise their rights as consumers. This innovation offers a game set to increase consumer knowledge in choosing products wisely, obtaining their rights, but in accordance with their financial conditions. This game consists of a game board, dice, identity cards, and supporting cards. This game is for four people to play and one person as a dealer/game guide. The game ends when one player reaches the finish line, or it can be based on the time limit, whereby the winner is the player with the highest number of "gains" when the playing time runs out.
Perspektif
Melindungi hak-hak konsumen akan menjadi lebih mudah, kalau konsumen selain memahami hak-hak mereka juga memahami kewajiban-kewajiban mereka. Dan hal ini telah mulai dilatih sejak usia dini.
Keunggulan Inovasi:
- Permainan yang membantu pengenalan hak dan kewajiban konsumen, yang bersifat menyenangkan namun edukatif,
- Meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan konsumen dalam memilih produk maupun jasa di tengah semakin banyaknya tawaran
- Dapat dimainkan sebagai permainan keluarga, bersama anak-anak sejak usia dini.
Potensi Aplikasi:
Permainan inovatif untuk pendidikan konsumen ini berpotensi diaplikasikan khususnya sebagai permainan edukatif baik untuk keluarga maupun di sekolah. Selain itu permainan ini masih dapat dikembangkan sebagai permainan simulasi untuk pendidikan / pelatihan bisnis dan kewirausahaan.
Innovator:
Tim Inovasi
1 Dr. Megawati Simanjuntak, S.P., M.Si
2 Ulfah Mubarokah
3 Ajat Sudrajat
4 Faizal Ainul Adha
5 Nunung Nurlaelasari
Institusi
IPBisi
Alamat
IPB
Status Paten
Dalam Proses Pengajuan
Kesiapan Inovasi
** Siap Dikomersialkan
Kerjasama bisnis
** Luas
Peringkat Inovasi
** Sangat Prospektif
File
Tidak ada
Video
Tidak ada