Berkinerja Karena Pengguna Suka
IMPLEMENTASI E-DASHBOARD KINERJA LAYANAN PADA LPKA KELAS 1 PALEMBANG
Deskripsi Singkat
Inovasi ini mengembangkan aplikasi sistem kinerja layanan berbasis web dengan platform android untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Palembang; menggantikan sistem layanan LPKA yang konvensional. E-Dashboard / antar muka pengguna aplikasi ini telah diuji dengan metoda System Usability Scale (SUS) dengan nilai usability 76.73 (excellent).
Sistem ini telah meningkatkan kinerja layanan internal dan eksternal LPKA menjadi terstandardisasi, lebih transparan, mudah dimonitor, akuntabel, dan data statistik yang disajikan telah membantu pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. LPKA Kelas I Palembang saat ini dijadikan sebagai LPKA percontohan dan masuk ke dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).
Performing Because Users Love It
Short Description
This innovation develops a web-based service performance system application on android platform, to support bureaucracy reforms at the Class I Palembang Special Child Development Institute (LPKA). The user acceptance of this application interface has been tested with System Usability Scale (SUS) method, resulting ini usability score of 76.73 (excellent). This innovation has improved the performance of LPKA's internal and external services to become more standardized, more transparent, easy to monitor, accountable, and the statistical data presented has helped to make decisions quicker and more accurately. LPKA Class I Palembang was nominated as a pilot LPKA model, and become among the Top 45 Public Service Innovations model in 2019.
Perspektif
Kecanggihan teknologi dan aplikasi sistem seperti apapun tak akan ada artinya, jika para pengguna tidak suka atau tidak merasa nyaman dalam menggunakannya.
Keunggulan Inovasi:
- Kenyamanan pengguna (users) teruji melalui metoda System Usability Scale (SUS) dengan nilai usability 76.73 (excellent).
- Inovasi ini terbukti dapat meningkatkan kinerja layanan internal dan eksternal LPKA menjadi terstandardisasi, lebih transparan, mudah dimonitor, dan lebih akuntabel.
- Data statistik yang disajikan dapat membantu pengambilan keputusan pimpinan LPKA dan pihak-pihak terkait secara cepat dan tepat.
- Inovasi ini telah mendukung LPKA percontohan dan masuk ke dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).
Potensi Aplikasi:
Inovasi e-Dashboard Kinerja Layanan LPKA dapat dikembangkan dan diaplikasikan ke berbagai organisasi dan lembaga dengan missi pembinaan lainnya; khususnya dalam rangka reformasi birokrasi menuju peningkatan kinerja layanan internal maupun eksternal yang lebih terstandardisasi, lebih transparan, lebih mudah dimonitor, dan akuntabel.
Innovator:
Tim Inovasi
Dr. Febrianty, S.E., M.Si.
Hendra Hadiwijaya
REZANIA AGRAMANISTI AZDY S.Kom, M.Cs.
Institusi
Politeknik Palcommtech
Alamat
Jalan Basuki Rahmat No.05 Palembang, Sumatera Selatan
Status Paten
Dalam Proses Pengajuan
Kesiapan Inovasi
** Siap Dikomersialkan
Kerjasama bisnis
** Luas
Peringkat Inovasi
** Sangat Prospektif
File
Tidak ada
Video
Tidak ada