• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Belajar Bahasa Jepang Sambil Bermain

PENGGUNAAN ROLE PLAYING GAME UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI INDONESIA (THE USE OF ROLE PLAYING GAME FOR JAPANESE LANGUAGE LEARNING IN INDONESIA)

Deskripsi Singkat


Survey pada 100 orang mahasiswa international di Jepang, menghasilkan 81 orang mengatakan belajar bahasa Jepang sulit, padahal Jepang telah menjadi tujuan studi internasional yang semakin diminati. Untuk itu dibutuhkan inovasi terobosan dalam model pembelajaran bahasa Jepang, yang menarik, serta lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa Indonesia dalam berbahasa Jepang.

Inovasi ini menawarkan cara memahami huruf hiragana dan katakana dalam bahasa Jepang yang dikemas dalam bentuk permainan (game). Pengembangan game dilakukan berdasarkan game development life-cycle yang dimodifikasi, agar pembuatan game dapat dikerjakan secara maksimal dan fleksibel, dengan mengadopsi konsep shodo untuk menghasilkan tulisan yang proporsional. Game ini dibangun dengan platform Android, sebagai sistem operasi ponsel yang paling populer di Indonesia.

 

Learning Japanese While Gaming

 

Short Description


A survey of 100 international students in Japan, resulted in 81 people saying that learning Japanese is difficult, while Japan has become increasingly popular destination for international studies. For this reason, breakthrough innovations in learning Japanese language are needed, to improve the ability of Indonesian students to speak Japanese. This innovation offers a new method to learn Japanese hiragana and katakana characters that are packaged in the form of games. The game development is carried out based on a modified game development life-cycle, such that the game creations can be done optimally and flexibly, by adopting the shodo concept to produce proportional writing. This game is developed on Android platforms, being the most popular smartphone operating system in Indonesia.

Perspektif

Mempelajari bahasa asing dengan pendekatan gamification (belajar sambil bermain, permainan berpikir, dan permainan mekanik) bisa menjadi metoda terobosan dalam mempelajari bahasa asing; yang mengubah mood belajar dari beban "menyebalkan" menjadi sesuatu yang menyenangkan. 

 

Keunggulan Inovasi:

  • Game telah teruji dapat memudahkan pembelajaran bahasa Jepang dasar bagi pembelajar mandiri,
  • Game telah dilengkapi dengan dataset huruf hiragana dan katakana yang standar (Seion) ditambah dengan Dakuon (tenten dan maru),
  • Evaluasi dari 50 responden pemakai menunjukkan bahwa  82% pemakai menilai aplikasi game menarik dan berjalan baik; dengan skor nilai terbanyak di 7 dan 8 pada skala 1 - 10,
  • Menggunakan platform Android yang paling populer digunakan di Indonesia.

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini berpotensi untuk ditawarkan mahasiswa atau pekerja yang ingin belajar atau mengikuti program magang di Jepang, yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun; agar dapat belajar bahasa Jepang secara mandiri. Ke depan,  inovasi ini dapat dikembangkan menjadi platform pembelajaran untuk berbagai bahasa asing lainnya.
 

Innovator:

Tim Inovasi

1 Yogi Udjaja

Institusi

Universitas Bina Nusantara

Alamat

Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi