• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Selamat Kepada para Jawara Inovasi - Habibie Prize 2021



Habibie Award diprakarsai pada tahun 1999, saat  keluarga Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie mendirikan Yayasan SDM IPTEK. Sejak dimulainya, sebanyak 71 ilmuwan inovator Indonesia telah dianugerahi penghargaan Habibie Award. Mulai pada tahun 2021 ini, dengan hadirnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Habibie Award yang kini disebut Habibie Prize, dilaksanakan sebagai kerja sama antara Yayasan SDM IPTEK dan BRIN. 

Pada tahun 2021 ini, Habibie Prize  mempertimbangkan sebanyak 90 kandidat penerima Prize, untuk menetapkan pemenang di lima kategori Prize, yaitu bidang: Ilmu Dasar; Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi; Ilmu Rekayasa; Ilmu Ekonomi Sosial Politik dan Hukum; serta Ilmu Filsafat Agama serta Kebudayaan. Namun tahun ini, rapat pleno dewan juri memutuskan hanya ada empat penerima Habibie Prize 2021, karena tidak ada penerima Prize untuk bidang Ilmu Ekonomi Sosial Politik dan Hukum.

Mereka adalah Prof. Dr. Subagjo DEA untuk kategori Ilmu Rekayasa; Prof. Dr. Nicolaas Cyrillus Budhiparama PhD. untuk kategori Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi; Prof. Dr. Muhammad Hanafi untuk kategori Ilmu Dasar; dan Dr (HC) Nyoman Nuarta untuk kategori Ilmu Filsafat Agama dan Kebudayaan. Sekalipun proses maupun kriteria penjurian untuk menetapkan pemenang Habibie Prize 2021 tidak dipublikasikan; namun dengan melihat profil para penerima Prize, tak diragukan lagi bahwa Habibie Prize dapat dikatakan sebagai ajang pemilihan Jawara-Jawara Inovasi Terbaik Indonesia.       

BIC sebagai promotor inovasi di Indonesia tentunya ikut bersyukur dan ikut merayakan terpilihnya pemenang Habibie Prize 2021, khususnya karena dua orang dari empat pemenang Habibie Prize tahun ini adalah "inovator BIC".  Prof. Muhammad Hanafi adalah salah seorang inovator yang karyanya terpilih di "106 Inovasi Indonesia-2014",  sedang Dr.(HC) Nyoman Nuarta adalah salah seorang inovator yang dinominasikan sebagai 13 tokoh inovasi Indonesia di serial video Inovator Indonesia batch ke II  (tahun 2015).  Juga menarik untuk dicatat, bahwa Dr. Laksana Tri Handoko, yang saat ini adalah Ketua BRIN, penyelenggara Habibie Prize;  adalah juga sosok inovator Indonesia yang handal; yang karyanya inovasinya pernah terpilih di "101 Inovasi Indonesia - 2009"; selain juga menjadi penerima Habibie Award kategori Ilmu Dasar pada tahun 2004.   Selamat ! 

Salam inovasi Indonesia! 



KS(182221) 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

INFO UPDATE: “100+ Inovasi Indonesia” is BACK

Dengan gembira BIC menginformasikan bahwa sistem komunikasi email menuju dan dari reviewer pemilihan

BATCH KETIGA DIMULAI: JADILAH SANG PENANTANG!

Sampai pada batas akhir pengajuan proposal Batch # 2 ke "116 Inovasi Indonesia-2024" 

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn