• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Satu Bangsa - Satu Bahasa - Inovasi Indonesia



Setelah berpartisipasi dalam Program Certified Innovation Professional (CIP) yang diselenggarakan oleh Global Innovation Management Institute (GIMI), BIC menilai bahwa program sertifikasi profesional manajemen inovasi CIP ini bisa berperan penting  sebagai landasan untuk mengakselerasikan kegiatan inovasi di Indonesia.  Hal ini menjadi terlebih penting dengan telah dicanangkannya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang mengemban misi mengkonsolidasikan dan mengintegrasikan program inovasi di Indonesia, di antara Lembaga Litbang dan Universitas, maupun dengan mitra riset di luar negeri.

Sertifikasi profesional CIP didasarkan pada IMBOK (Innovation Management – Body of Knowledge), suatu pembakuan pengetahuan dan metodologi manajemen inovasi, yang bisa diadopsi untuk membangun platform dan menyamakan “bahasa” manajemen inovasi di Indonesia. IMBOK adalah bakuan pengetahuan manajemen inovasi yang saat ini dapat dikatakan terdepan, dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dunia.

Penyamaan bahasa dalam upaya mendorong inovasi semakin terasa urgensinya, karena proses inovasi mengharuskan terjadinya komunikasi antar disiplin ilmu, dan juga antar komponen inovasi A-B-G dalam rangka membangun sinergi. Padahal mereka secara “alami” hidup dalam bahasanya sendiri-sendiri; yang oleh Joseph Stiglitz disebut sebagai information assymetry, dan disinyalir sebagai biang penghambat kolaborasi dan sinergi.   

Untuk itu BIC bekerjasama dengan Asosiasi Science & Techno Parks Indonesia (ASTPI), pada Selasa 14 September 2021 kemarin, menggelar diskusi online mengenai sertifikasi CIP; dan mengundang secara online sang guru, Prof. Hitendra Patel; untuk menjelaskan serta menjawab pertanyaan seputar program CIP batch ke 2, yang akan digelar pada 21 September 2021 minggu depan. Diskusi online ini dihadiri oleh 39 peserta, yang sebagian besar adalah anggota ASTPI, dan juga pengelola riset dan inovasi di berbagai universitas dan lembaga Litbang di Indonesia.

Semoga adopsi CIP di Indonesia dapat memberi landasan yang kuat untuk membangun inovasi Indonesia, sebagaimana sumpah pemuda mencanangkan satu bahasa Indonesia sebagai landasan kemerdekaan kita: “Satu Bangsa-Satu Bahasa-Inovasi Indonesia”!      
Salam inovasi !


(ks/150921)
 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

INFO UPDATE: “100+ Inovasi Indonesia” is BACK

Dengan gembira BIC menginformasikan bahwa sistem komunikasi email menuju dan dari reviewer pemilihan

BATCH KETIGA DIMULAI: JADILAH SANG PENANTANG!

Sampai pada batas akhir pengajuan proposal Batch # 2 ke "116 Inovasi Indonesia-2024" 

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn