• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Inovasi dalam Perspektif Global



Dubai sebagai sebuah negeri "kota" semakin dalam menancapkan citranya sebagai negeri yang paling inovatif di dunia. Pemerintah Dubai barangkali menjadi negeri pertama di jagad yang menerapkan "strategic roadmap" berdasarkan Global Innovation Index (GII) sebagai bagian dari agenda nasional, untuk menetapkan target-target jangka pendek, sambil juga berupaya meningkatkan hasil inovasi dalam jangka panjang. Pemerintah Dubai dengan serius mengembangkan  ukuran-ukuran (metrics) untuk mengukur hasil inovasi yang dapat sepenuhnya menilai dampak ekonomi dari inovasi di tingkat nasional dan regional, dengan tujuan untuk memposisikan Dubai sebagai salah satu negara paling inovatif di dunia.  Yang mengagumkan, Dubai bahkan mendorong gerakan inovasi mereka ke sektor-sektor non ekonomi, termasuk Kepolisian Negara Dubai (DP)!  

Dalan rangkaian acara Dubai Expo 2021, Dr Hitendra Patel, Direktur Eksekutif Global Innovation Management Institute (GIMI), yang adalah mitra Pemerintah Dubai dalam prakarsa inovasi, memberikan ceramah kunci dalam acara "Let's Talk" yang diadakan di EXPO 2021 di Dubai Police World Pavilion. Dr. Patel pada ceramahnya berbicara tentang trend masa depan yang berdampak pada dunia, dan bagaimana inovasi memainkan peran penting untuk menangkap peluang dan telah mendisrupsi model bisnis tradisional yang kita lakukan. Pesan ceramah Dr. Patel, bisa juga menginspirasi kita semua dalam memaknai inovasi masa kini dari perspektif global. Silakan simak dengan KLIK  di sini. 

Indonesia juga ikut meramaikan EXPO 2021 Dubai, bahkan memiliki paviliun nasional Indonesia. Semoga teladan Dubai sebagai negeri gurun pasir nan gersang namun kini menjadi salah satu negeri paling inovatif di dunia bisa menularkan "virus inovasi" mereka bagi Indonesia.

Salam Inovasi!   


(ks/291021)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

INFO UPDATE: “100+ Inovasi Indonesia” is BACK

Dengan gembira BIC menginformasikan bahwa sistem komunikasi email menuju dan dari reviewer pemilihan

BATCH KETIGA DIMULAI: JADILAH SANG PENANTANG!

Sampai pada batas akhir pengajuan proposal Batch # 2 ke "116 Inovasi Indonesia-2024" 

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn