• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Entrepreneurship Bootcamps Hari ke 4 : Dua Jawara Entrepreneurship Indonesia Hadir untuk Berbagi



Di hari keempat pelaksanaan program Entrepreneurship Bootcamps oleh GIZ (Sabtu, 25 November 2017), peserta mendapatkan kesempatan untuk mendengar dan menimba ilmu dari narasumber tamu yang sudah berpengalaman di dunia bisnis dan start-up. Mereka adalah Dr. Agung Bayu Waluyo (Ciputra Entrepreneurship Center) dan Muhammad Maulana (Uno Capital) yang berbagi ilmu dan pengalaman tentang membangun start-up selama kurang lebih 3 jam.

Di sesi pertama, Dr. Agung Bayu Waluyo menyampaikan 3 hal yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis sukses, yaitu penciptaan peluang, kemampuan berinovasi, dan keberanian mewujudkan gagasan. Dalam hal inovasi, bisnis haruslah sebuah solusi atas suatu masalah yang terjadi, atau sebuah pain reliever dari masalah yang dirasakan konsumen di lapangan. Namun, Dr. Agung mengingatkan untuk tetap berhati-hati dalam melihat suatu masalah, beliau mengatakan "Apa yang kita pikirkan masalah, bisa jadi bukanlah masalah bagi orang lain, maka itulah pentingnya market analysis; menentukan siapa sebenarnya customer dari bisnis Anda".

Pada sesi kedua, Muhammad Maulana memberikan sudut pandang lain tentang memulai sebuah start-up. Dia menjelaskan pentingnya rasa eagerness  (keinginan) dan hungriness (rasa lapar), yang akan terus mendorong seseorang untuk gigih dalam menghadapi tantangan.

Diawal menyusun business model canvas, setiapstart-up akan menghadapi masa-masa sulit, yang secara perlahan akan terasa mudah seiring dengan bertambahnya pengalaman dan "jam terbang". "Failure is part of business" terang Maulana ditengah-tengah penjelasan.

Di akhir, Maulana juga menyampaikan beberapa tips yang cukup berkesan bagi para peserta; focus on your goal, read great books, grow spiritually, stay low-key, drink water, meditate, dan workout. Dengan berakhirnya sesi sharing, berakhir pula kegiatan BID 2.0 hari ke-4, sebelum ditutup oleh materi pengayaan tentang business plan, yang disampaikan oleh Kristanto Santosa.  


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

INFO UPDATE: “100+ Inovasi Indonesia” is BACK

Dengan gembira BIC menginformasikan bahwa sistem komunikasi email menuju dan dari reviewer pemilihan

BATCH KETIGA DIMULAI: JADILAH SANG PENANTANG!

Sampai pada batas akhir pengajuan proposal Batch # 2 ke "116 Inovasi Indonesia-2024" 

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn