• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

BELAJARLAH BERINOVASI SAMPAI KE NEGERI BRAZIL



Acara GIMI-Think Tank Meeting pada Rabu Malam 2 Februari 2022 lalu, menghadirkan pembicara tamu yang selain menarik, tapi juga relevan bagi pengembangan inovasi di Indonesia.  Prof. Carlos Arruda, Direktur Eksekutif dari "Competitiveness and Innovation Center" di Brazil, yang juga pernah menduduki berbagai jabatan senior ITC, UNCTAD dan WTO; berbagi cerita tentang bagaimana prakarsa inovasi di Brazil berevolusi sejak tahun 2000, dan bagaimana peringkat inovasi Brazil di Global Innovation Index  (GII),  hanya dalam waktu dua tahun, "meroket" naik peringkat; dan rankingnya terangkat sembilan level dari peringkat ke 66 Dunia di tahun 2019, menjadi peringkat ke 57 di tahun 2021!  Semoga dengan hadirnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mulai tahun ini, kita dapat segera mengejar kemajuan inovasi negeri Brazil ini.           

Yang paling menarik adalah bahwa negeri Brazil dan Indonesia mempunyai banyak kesamaan, baik secara ekonomi, secara alam, secara budaya, juga kesamaan dalam tantangan yang dihadapi sebagai negeri besar, kaya sumber alam, dan berpenduduk banyak dan multikultur. Bagi para pejuang inovasi Indonesia, silakan simak rekaman diskusi dari Think Tank Meeting GIMI, dengan mengklik tautan berikut: https://bit.ly/3L5fTkj.  

Pelajaran yang menarik dari paparan tentang Brazil adalah digunakannya Global Innovation Index (GII) sebagai alat analisis, bukan hanya untuk menaikkan peringkat di GII tentunya, tapi sebagai Key Performance Indicators (KPI)  mereka dalam mendorong prestasi inovasi secara nasional, yang terbukti telah membuahkan hasil yang luar-biasa. Bagaimana kalau kita mengundang Prof. Carlos Arruda untuk memberikan ceramah khusus bagi Indonesia? 

Salam inovasi ! 


(KS/060222)    


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

INFO UPDATE: “100+ Inovasi Indonesia” is BACK

Dengan gembira BIC menginformasikan bahwa sistem komunikasi email menuju dan dari reviewer pemilihan

BATCH KETIGA DIMULAI: JADILAH SANG PENANTANG!

Sampai pada batas akhir pengajuan proposal Batch # 2 ke "116 Inovasi Indonesia-2024" 

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn