• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Panaskanlah dan Bertahanlah !

APLIKASI TEKNIK INAKTIVASI ENZIM LIPASE PADA PASCA PANEN BUAH SAWIT UNTUK MENINGKATKAN MUTU PRODUK CPO

Deskripsi Singkat


Inovasi yang ditawarkan berupa desain teknologi sederhana untuk inaktivasi enzim lipase pasca panen buah kelapa sawit. Alat yang dihasilkan ini ditujukan bagi pengguna pada tingkat petani, demi mempertahankan mutu panen sawit saat masuk ke pengolahan. Secara umum, alat ini dapat dimanfaatkan untuk menangani karakteristik produk pertanian yang mudah rusak (perishable) dan bersifat musiman.

Sekalipun pengolahan hasil panen sawit dengan segera adalah solusi terbaik, namun pola panen sawit  seringkali menimbulkan antrian panjang berhari-hari di pihak pabrik kelapa sawit (PKS). Untuk itu penanganan awal pasca panen oleh petani sendiri  diharapkan dapat mengurangi kerugian petani akibat penurunan mutu kelapa sawit yang dipasok ke pabrik. 

Heat It Up and Hang On!

 

Short Description


The innovation offered is in the form of simple technology for lipase enzyme inactivation of the post-harvest oil palm fruit. The technology is intended for users at the farm level, in order to maintain the quality of the palm bunches harvest when it goes into the processing plant. In general, this tool can also be used to deal with any perishable and seasonal characteristics of agricultural products.

Even though processing the palm oil crop immediately is the best solution, the oil palm harvesting pattern often creates long queues for days on the part of the palm oil mill (PKS). For this reason, early post-harvest handling by farmers themselves is expected to reduce farmers' losses due to the decline in the quality of palm bunches supplied to the mill.

Perspektif

Upaya penjagaan mutu bahan baku masukan seharusnya didukung oleh pabrikan, yang pasti akan ikut "menderita" kalau bahan baku yang diolahnya menurun mutunya; sebagai akibat antrian pengolahan yang jadwalnya mereka kendalikan. 

Keunggulan Inovasi:

  • Rancangan alat / teknologi yang sederhana dan dapat dibuat oleh level bengkel 
  • Pengoperasikan alat dapat dilakukan pada level petani kecil.  
  • Dirancang secara portabel, dan mudah untuk dipindah-pindahkan.
  • Pemanasan yang diperlukan dapat menggunakan berbagai pilihan bahan bakar, termasuk menggunakan limbah cangkang sawit.

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dirancang untuk membantu para petani mempertahankan mutu hasil panen sawitnya, sehingga mereka tidak mengalami kerugian akibat penolakan oleh pabrikan. Namun dalam lingkup yang lebih luas, seharusnya inovasi ini menjadi perhatian dari pengusaha minyak sawit (CPO) bahkan dari pemerintah, mengingat minyak sawit Indonesia masih cukup sering gagal memenuhi standar mutu ekspor atau mengalami penolakan dari konsumen.      

 

Innovator:

Tim Inovasi

ISI

Institusi

ISI

Alamat

ISI

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi