• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Mimbar Riset Medis Indonesia

PLATFORM PENELITIAN IKO (INPUT-KELOLA-OUTPUT)

Deskripsi Singkat


Big data telah menjadi topik dan minat khusus selama dua dekade terakhir karena potensi yang besar dan tersembunyi didalamnya. Industri memanfaatkan big data dengan tujuan untuk meningkatkan layanan yang diberikan. Dalam industri layanan kesehatan, sumber big data diperoleh melalui catatan layanan rumah sakit, catatan medis pasien, hasil pemeriksaan medis, dan perangkat yang menggunakan internet.

Inovasi ini mengembangkan solusi pengumpulan data yang mudah digunakan bagi praktisi dan peneliti medis di Indonesia berbasis platform IKO (Input-Kelola-Output). Platform ini ditargetkan menjadi platform penelitian layanan kesehatan terpadu pertama di Indonesia, yang responsif, cepat, dan nyaman digunakan; dilengkapi dengan dengan fitur-fitur yang mendukung digitalisasi database dan komunikasi penelitian kesehatan di Indonesia.
 

Indonesian Medical Research Platform

 

Short Description


Today, the industry takes the advantage of big data technology with the aim of improving its performance and services. In the healthcare industry, big data sources are mainly obtained through hospital service records, patient medical records, medical examination results, that today can be exchanged via the internet. This innovation develops an easy-to-use data collection platform for medical practitioners and researchers in Indonesia based on the principles of "Input-Manage-Output". This platform is targeted to be the first integrated health care research platform in Indonesia, designed for responsiveness, speed, and user friendly; equipped with features that support the digitization of databases and communication of healthcare research in Indonesia.

Perspektif

Layanan kesehatan adalah salah satu sektor industri yang paling berbasis data dan padat ilmu pengetahuan. Sayangnya kita masih belum memiliki platform big data untuk mengintegrasikan data yang tersebar di rumah sakit, di puskesmas, di klinik dan tempat praktek dokter yang tersebar dimana-mana. 

Keunggulan Inovasi:

  • Proses pengumpulan data dibuat lebih mudah, antara lain dengan pemakaian format isian yang praktis hingga sarana tanda tangan digital
  • Penyimpanan data berbasis cloud menggunakan infrastruktur teknologi informatika sehingga dapat menyimpan data dalam jumlah besar, tidak memerlukan biaya besar dan proses yang lebih cepat.
  • Visualisasi data yang mudah, dengan fitur one-click dapat mengurangi potensi kebingungan informasi bagi pengguna
  • Keamanan data menggunakan perlindungan SPAM dan pembatasan IP address. 

Potensi Aplikasi:

Platform IKO berpotensi dikembangkan sebagai salah satu cara yang efisien, aman, dan mudah digunakan dalam pengumpulan, pengelolaan hingga penyajian data. Secara komersial, inovasi ini dapat menjadi dasar bagi sarana-sarana kesehatan di Indonesia dalam membuat pemetaan dan penatalaksanaan penyakit secara optimal. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi platform kemajuan teknologi di bidang layanan kesehatan di Indonesia, dalam era persaingan global.  

Innovator:

Tim Inovasi

ISI

Institusi

ISI

Alamat

ISI

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi