• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Irigasi Primitif nan Cerdas

TEKNOLOGI IRIGASI EVAPOTRANSPIRATIF BAWAH PERMUKAAN UNTUK BUDIDAYA SAYURAN DALAM POT

Deskripsi Singkat


Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi irigasi dalam pertanian adalah dengan menerapkan sistem irigasi cerdas. Namun sistem irigasi cerdas ini mahal karena memerlukan berbagai instrumen mikrokontroler dan daya listrik untuk mengoperasikannya. 

Inovasi ini merancang konsep pengendalian air irigasi didasarkan pada respons tanaman yang diwakili oleh laju evaporasi dan evapotranspirasi. 
Sistem ini menggunakan katup berpelampung yang akan mengalirkan air 
dari sumber air utama ke pot-pot tanaman. Katup berpelampung akan bekerja membuka atau menutup aliran air sesuai kebutuhan, berdasarkan prinsip bejana berhubungan.

Aplikasi dan pemeliharaan teknologi ini mudah dan murah, karena sistem irigasi ini dikendalikan sepenuhnya oleh evapotranspirasi dan hujan,  secara otomatis pada ketinggian air yang ditetapkan, tanpa memerlukan daya listrik untuk menggerakkan katup dengan mikrokontroler. 

Primitive Irrigation System Yet Smart

 

Short Description


One of the ways to improve irrigation efficiency in agriculture is to implement smart irrigation systems. However, this system is expensive because it requires microcontrollers and electrical power to operate. This innovation designed an irrigation system based on the rate of evaporation and evapotranspiration. This system uses a float valve that will supply the water from the water tank to the plant pots. The float valve will work to open or shut the water flow as needed, based on the principle of a connected vessel. Application and maintenance of this technology is easy and inexpensive, because this irrigation system is fully controlled by evapotranspiration and rain, without requiring electrical power to actuate valves with microcontrollers. 

Perspektif

Sistem irigasi yang praktis, cerdas, otomatis, namun murah dapat dikembangkan dari hukum fisika bejana berhubungan yang sederhana.    

Keunggulan Inovasi:

  • Didasarkan pada respon tanaman terhadap evapotranspirasi dan evaporasi, yang menggambarkan kebutuhan air dari tanaman yang aktual.
  • Irigasi otomatis yang menggunakan peralatan dan prinsip kerja yang sederhana, murah dan mudah pemeliharaanya.   
  • Sistem irigasi ini tidak memerlukan instrumen elektronik maupun daya listrik untuk mengoperasikannya.

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini berpotensi untuk menyederhanakan sistem irigasi cerdas yang cenderung berbiaya mahal dan sulit diaplikasikan sehingga dapat menekan biaya instrumen dan peralatan, serta dapat digunakan di berbagai macam situasi dan kondisi, tidak hanya di pedesaan namun juga bisa diterapkan pada budidaya pertanian di perkotaan (urban farming).
 

Innovator:

Tim Inovasi

1 Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M.Agr 2 Riani Muharomah, ST, M.Si 3 Dr. Liyantono, M.Agr 4 Dr. Ir. Moh. Yanuar Jarwadi Purwanto, MS

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Jl. Raya Dramaga, Kampus IPB Dramaga Bogor - Jawa Barat 16680

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi