• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Anggur Segar dari Samudera

ANGGUR LAUT DEHIDRASI SIAP EKSPOR

Deskripsi Singkat


Anggur laut atau Caulerpa adalah jenis rumput laut hijau berbentuk seperti anggur, semakin banyak dikonsumsi segar sebagai salad atau urap, baik di dalam maupun di luar negeri. Caulerpa memiliki tekstur yang renyah, rasa gurih dan warna hijau yang menarik, dan memiliki kandungan nutrisi lengkap seperti protein, asam amino, asam lemak omega 3, 6 dan 9, serat pangan, iodium, karbohidrat esensial, vitamin serta mineral. Masalahnya Caulerpa memiliki umur simpan yang sangat pendek, tekstur dan warnanya cepat rusak, walaupun disimpan dalam lemari pendingin. Umur simpan Caulerpa segar hanya bertahan beberapa jam pada suhu ruang dan kurang dari satu hari di lemari dingin.    

Inovasi ini mengembangkan proses preservasi (pengawetan) melalui dehidrasi dan salinasi untuk memperpanjang daya simpan Caulerpa pada suhu suhu dingin (chilled  4 °C), dan saat dikonsumsi dilakukan proses balik rehidrasi dan desalinasi secara sederhana. Perlakuan ini dalam skala laboratorium berhasil memperpanjang masa simpan Caulerpa sampai tujuh minggu dengan tekstur yang masih renyah dan warna yang masih hijau cerah seperti Caulerpa segar.     

Fresh Grapes from the Ocean

 

Short Description


Sea Caulerpa is a green seaweed shaped like grapes, increasingly popular to be consumed fresh as salad. Caulerpa has a crunchy texture, delicious, attractive green color, and has a complete nutritional contents . However, Caulerpa has a very short shelf-life, its texture and color deteroriate quickly even if stored in the refrigerator. It lasts only a few hours at room temperature, and less than a day in the refrigerator. This innovation develops a preservation process through dehydration and salination to extend its shelf life at chilled condition, and a simple reverse process of rehydration and desalination is carried out before consumption. This treatment on a laboratory scale has extended its shelf life to seven weeks, while keeping its crisp texture and bright green color, just like fresh Caulerpa.

Perspektif

Tantangan dan peluang dalam bisnis makanan segar adalah tuntutan agar dapat lebih lama disimpan, dapat menjangkau konsumen jauh di luar asalnya, dan tetap segar seperti aslinya. Keberhasilan melakukannya akan diganjar dengan nilai jual yang seringkali mencengangkan.          

Keunggulan Inovasi:

  • Berpeluang menjciptakan nilai tambah sangat tinggi bagi Caulerpa 
  • Caulerpa masih tersedia melimpah di sumbernya 
  • Proses preservasi relatif sederhana dan dapat dilakukan oleh masyarakat
  • Telah teruji dalam skala laboratorium, meningkatkan masa simpan Caulerpa segar sampai tujuh minggu dalam kondisi chilled .

Potensi Aplikasi:

Jika inovasi telah berhasil teruji secara komersial, Caulerpa yang diawetkan berpotensi pasar sangat besar, karena rasanya yang khas dan nilai nutrisinya yang tinggi; baik untuk pasar domestik maupun ekspor.  
 

Innovator:

Tim Inovasi

ISI

Institusi

ISI

Alamat

ISI

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi