• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Satu Bangsa - Satu Bahasa - Inovasi Indonesia



Setelah berpartisipasi dalam Program Certified Innovation Professional (CIP) yang diselenggarakan oleh Global Innovation Management Institute (GIMI), BIC menilai bahwa program sertifikasi profesional manajemen inovasi CIP ini bisa berperan penting  sebagai landasan untuk mengakselerasikan kegiatan inovasi di Indonesia.  Hal ini menjadi terlebih penting dengan telah dicanangkannya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang mengemban misi mengkonsolidasikan dan mengintegrasikan program inovasi di Indonesia, di antara Lembaga Litbang dan Universitas, maupun dengan mitra riset di luar negeri.

Sertifikasi profesional CIP didasarkan pada IMBOK (Innovation Management – Body of Knowledge), suatu pembakuan pengetahuan dan metodologi manajemen inovasi, yang bisa diadopsi untuk membangun platform dan menyamakan “bahasa” manajemen inovasi di Indonesia. IMBOK adalah bakuan pengetahuan manajemen inovasi yang saat ini dapat dikatakan terdepan, dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dunia.

Penyamaan bahasa dalam upaya mendorong inovasi semakin terasa urgensinya, karena proses inovasi mengharuskan terjadinya komunikasi antar disiplin ilmu, dan juga antar komponen inovasi A-B-G dalam rangka membangun sinergi. Padahal mereka secara “alami” hidup dalam bahasanya sendiri-sendiri; yang oleh Joseph Stiglitz disebut sebagai information assymetry, dan disinyalir sebagai biang penghambat kolaborasi dan sinergi.   

Untuk itu BIC bekerjasama dengan Asosiasi Science & Techno Parks Indonesia (ASTPI), pada Selasa 14 September 2021 kemarin, menggelar diskusi online mengenai sertifikasi CIP; dan mengundang secara online sang guru, Prof. Hitendra Patel; untuk menjelaskan serta menjawab pertanyaan seputar program CIP batch ke 2, yang akan digelar pada 21 September 2021 minggu depan. Diskusi online ini dihadiri oleh 39 peserta, yang sebagian besar adalah anggota ASTPI, dan juga pengelola riset dan inovasi di berbagai universitas dan lembaga Litbang di Indonesia.

Semoga adopsi CIP di Indonesia dapat memberi landasan yang kuat untuk membangun inovasi Indonesia, sebagaimana sumpah pemuda mencanangkan satu bahasa Indonesia sebagai landasan kemerdekaan kita: “Satu Bangsa-Satu Bahasa-Inovasi Indonesia”!      
Salam inovasi !


(ks/150921)
 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Satu Bangsa - Satu Bahasa - Inovasi Indonesia

Setelah berpartisipasi dalam Program Certified Innovation Professional (CIP) yang diselenggarakan ol

THE CHALLENGERS “113 INOVASI INDONESIA-2021” UPDATES !

Evolusi proses pemilihan tahunan “100+ Inovasi Indonesia” dari ajang kompetisi, promosi

Program Certified Innovation Professional (CIP) – Angkatan II

Setelah sukses dalam melaksanakan lokakarya online perdana, yang diikuti sekitar 20 peserta dari lim

Undangan dan Tantangan Inovasi Sosial dari Octava

Sekitar 25,7 % atau 650 juta orang di Asia Tenggara berada dalam usia sekolah. Namun akses ke pendid

Certified Innovation Professionals untuk Inovasi Indonesia

Setelah melalui Lokakarya online (e-Workshop) berturut-turut selama 7 @ 3 jam workshop selama 4 ming