• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

OBITUARI : Mengenang Dr. Ir. Aji Hermawan MM



Duka mendalam bagi BIC dan para Inovator Indonesia, sehubungan berpulangnya Dr. Ir. Aji Hermawan pada Rabu,25 Maret 2020 pukul 03.00 dini hari. Bersama para pimpinan IPB lainnya, Dr. Aji adalah sosok di "belakang layar" yang secara konsisten mendorong gerakan inovasi IPB, setidaknya sejak BIC mengenal almarhum, yaitu saat dimulainya pemilihan "100+ Inovasi Indonesia" pada tahun 2008, dan menjadikan IPB sebagai selalu yang terdepan, baik dalam jumlah pengajuan proposal, maupun dalam jumlah karya inovasi yang terpilih di "100+ Inovasi Indonesia". 

Dr. Aji yang lahir di Batang (Jawa Tengah) 23 September 1968, selain sebagai pengajar di Departemen Teknologi Industri Pertanian FATETA IPB, beliau tidak pernah lepas dari kegiatan-kegiatan terkait inovasi dan kewirausahaan; termasuk perannya di Direktorat Riset dan Inovasi IPB, lebih dari satu dekade sebagai Direktur Recognition and Mentoring Program - Bogor Agricultural University (RAMP-IPB) yang didukung oleh Lemelson Foundation (USA); dan sampai berpulangnya, Dr. Aji adalah Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, selain juga pernah duduk sebagai anggota Dewan Yayasan Kopernik. Kopernik adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang berpusat di Ubud (Bali), yang berkiprah dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui solusi inovasi teknologi, bagi masyarakat di kawasan-kawasan yang paling terpencil dan terbelakang. Rektor IPB Dr. ARif Satria dalam obituarinya di situs IPB, menyatakan bahwa IPB sangat kehilangan salah satu dari putra terbaiknya: "Kita doakan semoga karya-karya pak Aji menjadi amal soleh yang akan terus mengalirkan pahala, dan semoga beliau husnul khotimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah". Amin.

Untuk mengenang kiprah Dr. Aji dalam inovasi dan tanpa banyak publikasi, Anda dapat menonton sambutan almarhum beberapa tahun lalu, saat acara Forum Akselerasi Inovasi RAMP-IPB, di link: https://www.youtube.com/watch?v=nDTa-6eb5lA

(KS/27/03/20)
 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn