• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Membangkitkan Kembali Ekonomi Global Pasca Covid-19 



Global Innovation Management Institute (GIMI) berencana untuk menggelar Webinar Global bertema: "Membangkitkan Kembali Ekonomi Global Pasca Covid-19". Webinar yang akan disampaikan (atau diterjemahkan langsung) dalam bahasa Inggris ini, dan diikuti oleh peserta dari berbagai negara di seluruh dunia, dimana GIMI telah memiliki jejaring inovasi. GIMI meyakini bahwa upaya membangkitkan ekonomi global menuju era "New Normal" mendatang akan memerlukan upaya inovasi yang massive, sehingga kolaborasi inovasi global akan diperlukan. GIMI meyakini bahwa upaya membangkitkan ekonomi global menuju era "New Normal" mendatang akan memerlukan upaya inovasi yang konkrit dan berskala besar, sehingga kolaborasi inovasi global mutlak diperlukan.

Dari situasi yang telah terjadi diseluruh dunia, pembatasan sosial maupun lock-downs telah menimbulkan berbagai dampak dan implikasi sosial ekonomi yang sangat negatif, sehingga sepertinya tidak ada pilihan selain kita harus mencari solusi untuk dapat membuka kembali kegiatan ekonomi, sosial  dan bisnis  sesegera mungkin sebelum seluruh tatanan dunia "collapse" dan menimbulkan berbagai situasi "chaos", seperti yang telah terjadi di berbagai negara "modern" termasuk di Amerika Serikat baru-baru ini.  Dalam kaitan ini GIMI akan segera menghimpun berbagai solusi inovatif dari GIMI Think-Tank di seluruh dunia dan disebar-luaskan.   Sementara itu, GIMI juga berencana untuk memfasilitasi kerjasama antar negara atau antar daerah atau antar kota di dunia, sehingga terjadi pertukaran pengalaman dan policy best practices  diantara para pejabat negara untuk bersatu-padu menanggulangi musibah global ini. 

Webinar dibuka dan diarahkan oleh Direktur Eksekutif GIMI Dr. Hitendra Patel, dengan mengetengahkan narasumber: Carolina Duran, Sekretaris Daerah Ibukota Bogota (Colombia) yang menerapkan strategi pembukaan kegiatan ekonomi berbasis protokol biosecurity dengan memberdayakan para pengusaha untuk mengatur jadwal sendiri sesuai dengan kesiapan masing-masing; Dr. Lincoln Flor, Ekonom Senior Bank Dunia, yang akan mengulas tentang strategi mengaktifkan kembali ekonomi nasional pasca Covid-19, dengan mengintegrasikan ke rantai nilai global (Global Value Chain); serta Dr. Ibrahim Rawabdeh - Executive Director, KACE (King Abdullah II Center for Excellence) Jordania yang akan berbagi kisah sukses Kerajaan Jordania dalam mengendalikan pandemi Covid-19.   

Salam inovasi ! 


(KS/02/06/20)     


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

BIC BLOG: Ideas for Making Indonesia's Innovation Work 

BIC memprakarsai penghimpunan pemikiran-pemikiran dan gagasan-gagasan tentang bagaimana Indonesia bi

Jawara Inovasi Global 2021

Korea Selatan kembali ke posisi pertama, dan Singapura mencuat sebagai "runner-up" dalam I

“112 Inovasi Indonesia - 2020” TERPILIH!

Setelah tertunda sebulan lamanya, akhirnya pemilihan "112 Inovasi Indonesia-2020" berhasil

RKSA - 2021: Hilirisasi Inovasi untuk Menyehatkan Bangsa

RISTEK/BRIN KALBE SCIENCE AWARDS (RKSA) -  2021 hadir kembali, dengan mengusung tema Hilirisasi

Innovation Olympics: Tantangan Menjadi Perguruan Tinggi Inovatif Kelas Dunia

Innovation Olympics (IO) adalah program kompetisi manajemen inovasi terbesar, yang telah diikuti ole