• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kunjungan Studi Benchmarking Inovasi Tim Alfamidi



Pada 20 Oktober 2015, BIC menerima kunjungan dari PT. Midi Utama Indonesia / Alfamart. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk studi "benchmarking" mengenai inovasi berkelanjutan (sustainable innovation), khususnya upaya-upaya inovasi di dunia bisnis eceran / retail. Dalam kesempatan diskusi, BIC diminta untuk memberikan masukan dan wawasan, tentang dimensi-dimensi inovasi dalam praktek, khususnya bagi peserta "Innovation Award" Alfamidi.

Ini menjadi pengalaman yang menarik bagi BIC, sebagai lembaga yang berupaya mendorong hilirisasi inovasi Indonesia, agar bisa menciptakan nilai tambah secara konkrit. BIC yang telah bergiat dengan inovasi selama hampir 8 tahun, dan telah melakukan berbagai  "business matchmaking", memperoleh banyak masukan tentang prospek inovasi bisnis di dunia retail. Acara dilangsungkan di ruang meeting  BIC, diisi dengan paparan materi tentang manajemen inovasi oleh Direktur Eksekutif BIC Kristanto Santosa, lalu dilanjutkan dengan diskusi. 

Menurut Kristanto, "Inovasi secara garis besar bisa bersifat market driven innovation  atau technology driven innovation". Market driven innovation adalah inovasi yang didorong oleh permintaan pasar, sedangkan technology driven innovation adalah inovasi yang berasal dari pengembangan gagasan dan teknologi baru yang mencari peluang diterapkan di dunia nyata. Tantangan upaya inovasi bukan semata pada aspek pengembangan teknologi dan ilmu, ataupun tantangan dalam menggali potensi serta memahami permintaan pasar; tapi juga bagaimana mempertemukan keduanya, karena masing-masing mempunyai motif dan "bahasa" yang sangat berbeda. Di sinilah BIC ingin berperan sebagai "intermediator". (DP/KS-301015)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Satu Bangsa - Satu Bahasa - Inovasi Indonesia

Setelah berpartisipasi dalam Program Certified Innovation Professional (CIP) yang diselenggarakan ol

THE CHALLENGERS “113 INOVASI INDONESIA-2021” UPDATES !

Evolusi proses pemilihan tahunan “100+ Inovasi Indonesia” dari ajang kompetisi, promosi

Program Certified Innovation Professional (CIP) – Angkatan II

Setelah sukses dalam melaksanakan lokakarya online perdana, yang diikuti sekitar 20 peserta dari lim

Undangan dan Tantangan Inovasi Sosial dari Octava

Sekitar 25,7 % atau 650 juta orang di Asia Tenggara berada dalam usia sekolah. Namun akses ke pendid

Certified Innovation Professionals untuk Inovasi Indonesia

Setelah melalui Lokakarya online (e-Workshop) berturut-turut selama 7 @ 3 jam workshop selama 4 ming