• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Entrepreneurship Mentoring bagi Finalis BID 4.0 GIZ



Setelah untuk tiga tahun berturut-turut BIC memperoleh kepercayaan dari GIZ (The Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit) untuk menjadi fasilitator / trainer pada program Entrepreneurship Bootcamp, untuk membekali para start-ups entrepreneurs lulusan Jerman; BIC kini memperoleh kepercayaan untuk bertindak sebagai mentor bagi lima orang finalis Entrepreneurship Bootcamp yang terakhir dilaksanakan (BID 4.0). Program mentoring selama tiga bulan ini bertujuan untuk lebih lanjut melengkapi ke lima finalis terpilih, agar mereka lebih siap dan lebih yakin dalam mengembangkan bisnis start-up mereka di dunia nyata. 

Yang cukup menantang adalah bahwa program mentoring intensif ini dilakukan dalam situasi pandemi Covid-19. Akibatnya  proses mentoring terpaksa dilakukan secara jarak jauh, dengan mengandalkan perangkat online meeting / conferencing,  setidaknya pada tahap awal dimulainya mentoring.  Selain dua peserta yang berdomisili di pulau Jawa, ke tiga peserta mentoring (mentee) berdomisili di ujung-ujung Nusantara, seorang di Aceh, sedang seorang lagi di Ambon, dan bahkan seorang mentee lagi berdomisili di Jerman. Untungnya, situasi  ini, barangkali secara kebetulan, telah diantisipasikan oleh GIZ, dengan memperbolehkan mentoring sampai 60% waktu dilakukan secara online; sekalipun barangkali pada awalnya untuk mengantisipasikan tersebarnya domisili para peserta program mentoring. Yang lebih menarik lagi adalah setiap mentee membawa ide-ide bisnis yang inovatif, bahkan beberapa tergolong "pioneering"; misalnya bisnis layanan veteriner online, pengerah jasa tenaga kerja Indonesia dengan keterampilan khusus ke luar negeri, serta bisnis pangan fungsional berbasis kuliner asing dengan bahan dasar lokal.       

Selain membekali para mentee dengan jejaring, kompetensi serta wawasan bisnis dan manajemen, program mentoring juga diharapkan dapat membangun sikap mental, semangat dan etika para mentee sebagai entrepreneur pemula.   

(KS/09/07/20) 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn