• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

MENGENANG SANG LEGENDA INOVASI BISNIS



Dalam berbagai pembicaraan, paparan, arahan soal inovasi bisnis; senantiasa di wacanakan tentang pentingnya membangun ekosistem inovasi yang berlandaskan sinergi A-B-G (Academics-Business-Government), yang digambarkan sebagai triple-helix. Gambaran yang pas untuk menggambarkan bagaimana suatu bentuk sinergi dari tiga komponen / dimensi / dunia yang berbeda; dan seandainya ekosistem triple-helix bisa direalisasikan, maka niscaya inovasi kita bakal meroket.      

Pola pikir dan pola tindak A-B-G sangatlah pas digambarkan melalui sosok Dr. Boenyamin Setiawan, yang akrab dipanggil dengan dr. Boen. Dr. Boen adalah seorang akademisi plus periset di bidang kedokteran yang sangat berdedikasi; tokoh bisnis / industri yang melahirkan Kalbe Farma, jawara farmasi dan produk nutrisional terbesar di Indonesia, bahkan di ASEAN; dan sekaligus pemikir dan kritikus berbagai kebijakan pemerintah khususnya terkait riset, inovasi, dan bisnis; antara lain melalui Kementerian Riset & Teknologi, berbagai lembaga dan universitas riset milik negara, serta keterlibatannya secara aktif sebagai anggota Dewan Riset Nasional selama beberapa periode.  Untuk mengenal lebih jauh Dr. Boen, silakan simak rekaman wawancara video dengan beliau (2019), dengan meng KLIK tautan ini. 

Akhirnya, tak bisa dipungkiri bahwa hadirnya BIC sebagai lembaga intermediasi inovasi bisnis yang diprakarsai Kementerian Riset & Teknologi pada tahun 2008; tidak terlepas dari dukungan, pemikiran, arahan, serta keterlibatan Dr. Boen secara pribadi dan langsung di lapangan tanpa henti.  


Karenanya, berpulangnya Dr. Boen pada 4 April 2023 yang lalu terasa sebagai kehilangan besar; bukan hanya bagi BIC tapi juga bagi bangsa Indonesia. Khususnya karena saat ini Indonesia masih harus berjuang dan berupaya keras mencari jalan dan kiat hilirisasi riset dan inovasi yang efektif.  

Dr. Boen ......  selamat jalan .......
Pergilah dengan damai berjumpa Sang Pencipta  ....
BIC berkomitmen terus melanjutkan prakarsa Anda ...........

Demi sukses inovasi bisnis di Indonesia .......

BIC/04/04/23


 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn

Program Certified Innovation Professional (CIP) dan Certified Innovation Manager (CIM) – 2024

Workshop Online CIP / CIM untuk tahun 2024 akan segera digelar lagi, dan angkatan pertama akan dimul

SETELAH INOVASI KITA MEROKET DI GII

Di tengah-tengah merebaknya Pandemi Covid-19 lebih dari tiga tahun lalu, BIC memuat tulisan tentang