• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sistem Pemantau Elektronik Kapal-kapal Ikan Tradisional


Abstrak

Inovasi ini dimaksudkan untuk mengantarkan nelayan tradisional kita dapat secara langsung dan cepat ikut dalam gerbong Industri 4.0. Sistem pemantau dilengkapi dengan mobile apps fishER (fisheries electronic reporting) dan mudah dipasang di kapal-kapal ikan tradisional. Melalui sistem pemantau ini dapat ditelusuri dan direkam jejak operasi penangkapan ikan, sehingga dari waktu ke waktu nelayan dapat dengan cepat belajar mengoptimalkan waktu dan biaya menangkap ikan, bukan lagi mencari-cari ikan.

Deskripsi

Sejak dulu kala hingga sekarang di saat dunia memasuki Industri 4.0 nelayan kita selalu tertinggal di dalam perkembangan industri akibat minimnya bahkan praktis tidak tersentuh dengan teknologi. Akibatnya, pola kegiatan mereka tidak beranjak dari mencari-cari ikan menjadi menangkap ikan. Dengan pola lama tersebut kegiatan yang mereka lakukan menjadi tidak efisien dan boros waktu maupun biaya. Inovasi yang telah kami kembangkan ini dimaksudkan untuk membantu nelayan tradisional bekerja lebih terukur dan lebih pasti sehingga dapat mengoptimalkan waktu dan biaya operasi penangkapan ikan mereka. Untuk itu, pendekatan yang diambil adalah dengan memberikan akses kepada mereka teknologi terkini dimana mereka dapat dituntun belajar dari waktu ke waktu dari jejak kegiatan yang dilakukan selama ini sehingga mereka dapat mengoptimalkan waktu dan biaya menangkap ikan. Inovasi yang dikembangkan terdiri dari rangkaian elektronik yang dilengkapi dengan sistem penentu posisi (GPS), catudaya (baterei dan solar panel) dan sistem transmisi data bluetooth. Sistem pemantau ini dilengkapi dengan mobile apps fishER (fisheries electronic reporting) yang awalnya dikembangkan terpisah sebelum diintegrasikan. Melalui apps ini input data dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan handphone dengan system operasi Android. Selain itu sistem ini dapat memberikan informasi hasil penelusuran operasi penangkapan ikan (transit dan waktu operasi) juga peta distribusi hasil tangkapan utama, hasil tangkapan sampingan (by catch) dan nilai CPUE (catch per unit effort) yang sangat penting dalam rangka mengukur kecenderungan produktivitas penangkapan. Piranti pemantau kapal-kapal tradisional yang dihasilkan mudah dipasang di kapal-kapal ikan tradisional dan system diseminasi informasi atau pelaporan dapat dibuat dalam bentuk Laporan Harian, Mingguan, Bulanan, 3 bulanan dan tahunan dapat dihasilkan dengan cepat dan mudah untuk menjadi bahan pembelajaran.

Keunggulan Teknologi

Keunggulan teknologi sistem pemantau elektronik kapal-kapal ikan tradisional ini terletak pada sistem yang kompak, handal, kedap air, dan dapat dioperasikan dalam waktu yang lama tanpa harus di-charge, serta harga per unit yang sangat kompetitif. Selain itu, keunggulan lainnya adalah dalam penanganan dan pemanfaatan data, dimana data dapat diakses/diunduh via website, serta tersedia sistem pelaporan yang dapat dibuat per bulan atau tahunan atau laporan khusus sesuai kebutuhan.

Potensi Aplikasi

Inovasi ini dapat diaplikasikan praktis di semua kapal-kapal ikan tradisional yang jumlahnya ratusan ribu itu yang tersebar di seluruh pantai Indonesia dan juga di negara lain. Selain itu inovasi ini dapat diaplikasikan untuk membantu berbagai keperluan riset kelautan dan perhubungan laut.