• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

ETROVICE (Electroculture Vegetable Device) Teknologi Tepat Guna Berbasis Cahaya Monokrom dan Sonic Bloom untuk Meningkatkan Laju Produktivitas Sayuran di Indonesia


Abstrak

ETROVICE merupakan perpaduan antara teknologi cahaya monokrom dan sonic bloom. Sonic bloom menggunakan musik gamelan yang dapat memicu sel-sel pada tanaman untuk mempercepat sirkulasi metabolisme dan cahaya monokrom digunakan untuk memperpanjang proses fotosintesis dari tanaman. Diharapkan dengan inovasi ini tanaman yang akan dapat tumbuh dan berbuah lebih cepat dari keadaan normal serta anti hama sehingga dapat meningkatkan produktifitas di sektor pertanian serta kesejahteraan petani meningkat.

Deskripsi

ETROVICE merupakan suatu alat yang memadukan antara cahaya monokrom dan sonic bloom, cahaya monokrom yang digunakan adalah perbandingan cahaya merah dan biru dengan perbandingan 1:1 dan suara yang dipancarkan oleh sonic bloom merupakan musik tradisional gamelan kebo giro dengan frekuensi antara 3500 - 5000 Hz. Pada penerapan dalam bidang pertanian banyak sonic bloom dan cahaya monokrom diaplikasikan secara terpisah. sehingga dalam penggunaannya kurang bisa maksimal. sehingga ETROVICE menggabungkan antara keduanya sehingga alat ini memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan alat yang lain. pada realisasi alat, penggunaan ETROVICE sangan sederhana dan mudah dioperasikan karena sistem kerja dari ETROVICE itu didasarkan pada waktu dan pengaturan yang di atur secara otumatis dalam kerjanya dalam pemasangan dilahan. Keunikan dari alat ini yaitu karena ada sonic bloom yang digunakan, maka suara yang dipancarkan oleh sonic bloom dapat menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi petani serta melestarikan musik tradisional Indonesia. ETROVICE juga memiliki potensi untuk dikomersialisasikan karena dari manfaatnya yang besar maka ETROVICE akan sangat dibutuhkan oleh para petani. kekurangan dari ETROVICE yaitu alat ini membutuhkan waktu yang lama dalam instalasi dikarenakan dalam pemasangannya perllu dilakuakn instalasi pemasangan komponen yang bergantung pada luas lahan yang digunakan. pengembangan dalam jangka panjang ETROVICE tidak hanya pemasaran dalam bentuk alat saja, akan tetapi dapat langsung dipasarkan seperangkan dengan Green House,


Keunggulan Teknologi

  1.    Bagi Akademisi atau Mahasiswa

Menjadikan media aktualisasi dan pengembangan teknologi dalam bidang pertanian khususnya pada sayuran. Selain itu sebagai bentuk pengabdian insan akademis dalam pembelajaran pemberdayaan masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

2.  Bagi Masyarakat

Memberikan wacana baru tentang pengembangan dibidang teknologi pertanian dan memberikan solusi yang efektif pada masalah pertanian serta dapat meningkatkan hasil panen dan mempercepat masa panen. sehingga dapat mewujudkan indonesia dalam kedaulatan pangan.

3. Bagi Pemerintah

Sebagai salah satu solusi alternatif alat untuk meningkatkan pertumbuhan serta produktivitas tanaman yang cepat dan akurat, sehingga dapat membantu memberikan solusi kepada pemerintah untuk menurunkan harga pangan di Indonesia serta memperbaiki kualitas hasil tanaman sayur.


Potensi Aplikasi

ETROVICE (Electroculture Vegetable Device) memiliki prospek yang sangat luas, karena alat ini merupakan alat yang baru di Indonesia, karena selama ini peningkatan produktivitas tanaman yang ada di Indonesia hanya menggunakan teknologi cahaya atau suara saja. Selain itu, pemerintah masih belum menemukan solusi efektif dalam mengatasi penaikan serta penurunan harga pangan khususnya sayuran. Mengingat begitu besarnya manfaat ETROVICE, maka alat ini dapat dipublikasikan secara ilmiah yang bertujuan untuk perluasan informasi, serta berpeluang untuk dikomersialisasikan sehingga masyarakat dapat mengenal, mengetahui, dan memanfaatkan ETROVICE. Jadi, nantinya tidak ada lagi masalah kekurangan bahan pangan atau melonjaknya harga pangan dipasaran.