• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kerupuk Sehat Penakluk Kolesterol Jahat


Abstrak

Kerupuk sering dituding menjadi penyebab tingginya kolesterol. Sehingga kami ingin mengembangkan kerupuk sehat dari ikan gabus yang dikenal dalam pengobatan tradisional efektif digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Deskripsi

Kolesterol berpotensi menjadi ancaman kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Kesukaan terhadap gorengan, pemakaian minyak goreng berulang-ulang kali, kegemaran mengonsumsi junk food serta pola makan yang tidak sehat memicu meningkatnya penderita gangguan hiperkolesterol. Anggapan salah bahwa penderita hiperkolesterol hanyalah orang-orang yang mempunyai masalah dengan kegemukan turut berperan meningkatkan risiko kolesterol jahat di tengah masyarakat. Padahal pengidap hiperkolesterol tidak selalu bermasalah dengan obesitas (kegemukan). Ketidaktahuan terhadap suatu gangguan kesehatan yang dialaminya, menyebabkan semakin menurunnya tingkat harapan sembuh pada penderitanya.

Salah satu cara paling mudah mengetahui kadar kolesterol dalam diri seseorang adalah dengan melakukan cek darah. Hasil cek darah tersebut dapat menjadi indikator ada atau tidaknya kolesterol jahat yang berpotensi mengancam keselamatan dirinya.

Ikan gabus memiliki kandungan albumin dan asam amino esensial yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Di antara manfaat ikan gabus yang dipercaya masyarakat adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol. Apalagi bila disinergikan dengan bahan herbal lainnya seperti akar pepaya.

Salah satu makanan yang dituduh menjadi penyebab kolesterol tinggi adalah kerupuk. Sebenarnya kerupuk sendiri tidak terlalu berpotensi meningkatkan kolesterol dalam tubuh orang yang mengonsumsinya. Proses pemasakan yang menggunakan minyak goreng curah atau berulang kali digunakan yang  membuat kerupuk berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Dalam penelitian ini, kami menggunakan bahan-bahan kerupuk yang diformulasi dengan daging ikan gabus dan air perasan akar pepaya  agar tercipta kerupuk yang aman bagi penderita hiperkolesterol sekaligus efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Hasil uji kadar kolesterol dalam darah 2 jam post prandial menunjukkan data bahwa pengidap hiperkolesterol mengalami penurunan kadar kolesterol setelah mengonsumsi kerupuk ikan gabus ini antara 36 – 44 mg/dL. Dengan demikian kerupuk ikan gabus yang menggunakan air perasan akar pepaya efektif menurunkan kolesterol dalam darah.

Kebaruan dan keunikan dari kerupuk sehat ini adalah tidak menyebabkan kolesterol tinggi, bahkan efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kerupuk ini potensial dikembangkan dalam skala kecil hingga skala besar. 

Kendala penggorengan dengan pasir sering menyebabkan kerupuk kurang mekarr sempurna (bantat). Namun demikian dengan latihan yang baik, petugas penggoreng kerupuk dengan pasir dapat terhindar dari risiko bantat.

Pesaing dari luar negeri memungkinkan untuk membuat produk yang sejenis, namun keunggulan ikan gabus dan perasan akar pepaya akan menyulitkan pesaing dalam meniru atau membuat produk sejenis.


Keunggulan Teknologi

Kerupuk ini aman dari risiko kolesterol karena penggorengannya dengan pasir. Kandungan daging ikan gabus dan perasan akar pepaya membuat kerupuk ini efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga produk ini sangat dibutuhkan oleh para penderita hiperkolesterol.


Potensi Aplikasi

Kerupuk ini terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah penderta hiperkolesterol. Bahan bakunya pun mudah didapatkan di Indonesia.