• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Saus Caulerpa: Saus Rumput Laut Bercita Rasa Khas Kaya Nutrisi


Abstrak

Saus Caulerpa adalah produk saus yang terbuat dari rumput laut hijau Caulerpa racemosa (anggur laut). Saus ini memiliki warna yang unik dengan aroma dan cita rasa khas, gurih umami, serta kaya nutrisi protein, asam amino, asam lemak, mineral, serat pangan, dan fenol. Manfaat saus ini dapat digunakan sebagai saus bumbu, saus salad, saus steak, saus burger, maupun sebagai bahan penyedap alami. Inovasi saus ini bermanfaat sebagai makanan sehat yang aman dikonsumsi.

Deskripsi

Saus Caulerpa merupakan produk saus yang dikembangkan berbasis rumput laut hijau lokal. Saus dari rumput laut hijau Caulerpa racemosa (anggur laut) ini kaya nutrisi protein, asam amino, asam lemak, serat pangan, mineral dan antioksidan fenol yang bermanfaat bagi kesehatan. Keunikan yang dimiliki saus ini berwarna unik, aroma dan cita rasanya khas, gurih umami, teksturnya kental dan homogen. Sensasi aroma  dan cita rasa gurih umami yang khas dan unik ini tidak dapat dihasilkan oleh bahan baku dari sayuran seperti tomat dan cabai serta juga tidak seperti saus tiram. Keunggulan ini tidak dimiliki oleh saus tomat, saus cabai maupun saus tiram. Manfaat  dari saus Caulerpa ini lebih luas daripada saus yang sudah ada di pasaran, dapat digunakan sebagai saus bumbu, saus salad, saus steak, saus burger, dan penyedap masakan berbagai masakan sebagai penganti bahan penyedap MSG.

Akhir-akhir ini  dengan semakin meningkatnya gaya hidup masyarakat, kebutuhan akan ragam jenis saus sebagai penyedap masakan yang aman dikonsumsi dan bergizi serta unik dan khas cenderung meningkat. Tren masyarakat saat ini mencari produk makanan sehat berbasis bahan alami dengan sensasi unik.  Hal ini mendorong terciptanya inovasi produk saus baru yang berbeda dengan produk saus komersial yang sudah ada, yang aman dikonsumsi, bernutrisi tinggi dan kaya antioksidan, dengan   sensasi  aroma dan cita rasa yang  khas berpotensi memiliki prospek peluang pasar yang berdaya saing.

Diversifikasi pemanfaatan rumput laut hijau Caulerpa racemosa (anggur laut) menjadi produk saus yang memiliki kelebihan dari segi karakteristik sensori warna, aroma dan cita rasa yang khas dan memiliki potensi nilai jual yang tinggi dibandingkan dengan saus tomat, saus cabai, saus tiram, dapat menjadi alternatif pemilihan bahan baku alami yang bersumber dari laut yang belum dimanfaatkan secara optimal menjadi memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Produk ini  diolah dari filtrat rumput laut anggur laut yang ditambah filtrat rempah (bawang putih, lada, pala, cengkih), filtraf cabai, dan ditambah formula bahan-bahan lain dipanaskan pada suhu 60-70oC selama 30 menit, dikemas dalam botol kaca atau plastik tahan panas yang sudah dipasteurisasi. Produk dapat disimpan pada suhu kamar maupun dalam suhu dingin (chilling room).

Melimpahnya ketersediaan rumput laut Caulerpa racemosa di berbagai perairan di Indonesia membuka peluang kegiatan usaha bagi masyarakat.  Salah satunya adalah mengolah rumput laut hijau  menjadi saus guna meningkatkan nilai tambah dan nilai jualnya. Pengembangan produk baru ini sangat potensial mengingat besarnya peluang pasar yang dituju. Hal tersebut membuka peluang bagi pengembangan usaha industri saus rumput laut di Indonesia. Proses produksi saus rumput laut membutuhkan peralatan yang sederhana, peningkatan kapasitas produksi dapat dilakukan dengan mudah dengan menambah peralatan atau meningkatkan kapasitas peralatan.

Saat ini saus telah menjadi salah satu  kebutuhan  bagi masyarakat modern yang hidup di perkotaan maupun di pedesaan. Kebutuhan konsumen akan saus belum terpenuhi baik jenis saus maupun jumlahnya, oleh karena itu kesempatan untuk membuka usaha saus rumput laut masih sangat terbuka lebar. Inovasi saus ini dapat dikonsumsi oleh masyarakat yang sudah biasa mengkonsumsi saus, bagi masyarakat vegetarian dan food combaining, maupun masyarakat kekinian yang mengkonsumsi makanan sehat dengan sensasi cita rasa yang khas,  hal ini  sangat menguntungkan dari segi potensi pasar yang segmen pasarnya lebih luas. Produk ini juga berpeluang memiliki pasar ekspor, terutama ke negara yang biasa mengkonsumsi saus seperti China, Jepang, dan Thailand.

Inovasi baru berkaitan dengan formula dan proses pembuatan saus serta karakteristik produk saus  dari rumput laut  hijau Caulerpa racemosa berpotensi dipatenkan dan sedang dalam proses pengajuan paten. Inovasi ini secara teknis dapat diproduksi untuk skala industri karena teknologinya sederhana dan mudah diterapkan.


Keunggulan Teknologi

  • Kandungan nutrisi protein, asam amino, asam lemak, serat pangan, mineral dan antioksidan fenol bermanfaat sebagai makanan sehat/fungsional.
  • Sensasi aroma dan cita rasa  gurih umami dari kolaborasi rumput laut dan rempah-rempah  menjadikan  kekhasan dan keunikan saus inovasi ini unggul dibanding saus komersial.
  • Rempah-rempah mengandung senyawa fitokimia yang bermanfaat menambah flavour dan cita rasa  yang khas pada saus ini.
  • Rumput laut Caulerpa racemosa sebagai bahan baku saus, ketersediaannya melimpah di Indonesia dan belum dimanfaatkan secara optimal.
  • Inovasi produk baru saus ini berbasis bahan alami rumput laut.
  • Teknologi produksi saus rumput laut sederhana dan mudah diterapkan untuk skala industri.

Potensi Aplikasi

Produk saus dari rumput laut hijau Caulerpa racemosa (anggur laut) dapat digunakan sebagai saus bumbu, saus salad, saus steak, saus burger, maupun bahan penyedap masakan alami. Penelitian ini masih berlanjut  untuk pengembangan karakteristiknya yang unggul untuk penggunaan dalam bentuk bubuk sebagai bahan penyedap alami penganti MSG, nori, pangan fungsional, nutrasetikal, dan farmasi.