• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kapal Katamaran Teknologi Low Wash


Abstrak

Kapal katamaran di desain dengan bentuk lambung yang tidak simetris yaitu bentuk luar lambung rata dan sisi dalam lambung cembung. Sisi luar lambung yang rata akan menimbulkan gelombang relatif kecil dan lurus, sedang bagian dalam lambung saling meniadakan dan menjadi kecil. Pembuatan kapal dari bahan fibreglass juga sebagai upaya turut serta melestarikan lingkungan terhadap pemakaian kayu. Pembuatannya didaerah dengan tujuan transfer teknologi kepada masyarakat.

Deskripsi

Kapal Katamaran sudah banyak dikenal luas yang memiliki stabilitas kapal sangat baik. Namun penerapannya diperairan Indonesia perlu pertimbangan seksama, dimana banyak memiliki kondisi  perairan dangkal seperti di sungai-sungai. Disamping itu pada perairan tertentu banyak  nelayan yang menangkap ikan. Kondisi ini mempersyaratkan kapal yang tidak menghasilkan gelombang timbulan dibelakang kapal yang cukup besar yang akan menggangu nelayan dan juga dapat meruntuhkan tebing sungai terutama pada lahan gambut.
Kapal katamaran di desain dengan bentuk lambung yang tidak simetris (unsimetrical hull). Bentuk luar lambung cendrung rata (wall side) dan sisi dalam lambung cembung. Hal ini dimaksudkan agar sisi luar lambung yang rata akan menimbulkan gelombang relatif kecil dan lurus, sedang bagian dalam lambung yang menimbulkan gelombang relatif lebih besar akan bertabrakan dengan gelombang yang ditimbulkan oleh lambung yang lain sehingga kedua gelombang saling meniadakan dan menjadi kecil. Pembuatan kapal type katamaran dari bahan fibreglass juga sebagai upaya turut serta melestarikan lingkungan terhadap pemakaian kayu (penebangan kayu). Serta pembangunannya didaerah dengan tujuan transfer tehnologi pembuatan kapal fibreglass kepada masyarakat sekitar.

Keunggulan Teknologi

keunggulan belum


Potensi Aplikasi

Berbagai Inovasi Aplikasi Kapal Katamaran Teknologi Low Wash
1. Pembangunan Kapal Katamaran Fibreglass untuk sejuta lahan gambut di Kalimantan tahun 1996
2. Pembangunan Kapal Katamaran Fibreglass untuk wisata taman laut, Iboh pulau Weh tahun 1997.
3. Kapal Katamaran sebagai kapal wisata dasar taman laut