• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Fish-Pro: Sistem Aplikasi Penghitungan Produktivitas Alat Penangkapan Ikan


Abstrak

Fish-Pro adalah suatu perangkat lunak penghitungan produktivitas alat penangkapan ikan yang baku. Keunggulan aplikasi ini adalah produktivitas kapal perikanan dihitung dalam kondisi standard, yaitu ketika dalam kondisi efisien. Keunggulan lain dari Fish-Pro adalah kemampuan menghitung data yang banyak secara efektif dan efisien serta ketepatan yang lebih akurat. Fish-Pro juga menyediakan menu penyaringan data yang lengkap, sehingga data yang diolah relatif lebih bersih.

Deskripsi

Produktivitas perikanan khususnya dalam perikanan tangkap, biasa dicerminkan sebagai kemampuan penangkapan suatu unit alat tangkap terhadap hasil tangkapannya. Dengan demikian, produktivitas penangkapan dapat diungkapkan sebagai kemampuan suatu unit alat tangkap terhadap hasil tangkapannya baik dalam jumlah unit alat tangkap atau trip alat tangkap. Nilai produktivitas sangat penting untuk manajemen perikanan khususnya terhadap perkembangan tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan dan perubahan stok sumberdaya ikan yang ada pada suatu perairan. Selain itu, produktivitas juga digunakan untuk kebijakan yang menyangkut masalah perhitungan Pungutan Hasil Perikanan (PHP).

Meskipun sangat bermanfaat bagi manajemen perikanan, namun penghitungan produktivitas alat penangkapan ikan yang baku sampai saat ini belum ada. Penghitungan masih dilakukan secara manual sehingga memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu, suatu aplikasi penghitungan produktivitas alat penangkapan ikan yang baku mutlak diperlukan sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk berbagai macam keperluan.

Penghitungan produktivitas konvensional mengandung kelemahan, yaitu kondisi unit penangkapan tidak diketahui apakah dalam kondisi efisien atau tidak. Atas dasar tersebut, maka kami melakukan penggabungan prinsip penghitungan produktivitas konvensional dan konsep efisiensi teknis usaha ekonomi, untuk menghasilkan konsep penghitungan produktivitas baku. Produktivitas baku yang dimaksud adalah nilai produktivitas ketika semua input produksi yang digunakan dalam kondisi efisien, bukan pada kondisi sesaat yang nilai efisiensinya belum diketahui. Karena sudah distandardisasi ke dalam nilai efisiensi teknis, maka hasil perhitungan produktivitas yang dihasilkan adalah nilai yang baku dan bukan nilai produktivitas sesaat.

Dalam penghitungan produktivitas, dibutuhkan data yang jumlahnya besar dan berturutan. Untuk memudahkan penghitungan maka dibangun sistem aplikasi penghitungan produktivitas kapal dan alat penangkapan ikan (Fish-Pro). Sistem Aplikasi yang dibangun diupayakan sesederhana mungkin sehingga prosedur penghitungan yang sangat kompleks dan rumit menjadi mudah dilakukan oleh pengguna. Sistem Aplikasi yang dikembangkan terdiri dari modul:

  1. Modul Manajemen Data: modul untuk melakukan filter terhadap data. Data yang diambil dari Sistem Basis Data atau hasil survey yang mungkin berupa data global seluruh Indonesia, dapat dilakukan pemfilteran pada modul ini. Pada menu ini disediakan pilihan untuk memenuhi kebutuhan analisis yang ingin dilakukan oleh pengguna, seperti misalnya kebutuhan data berdasarkan wilayah pengelolaan perikanan Indonesia (WPPI), berdasarkan alat tangkap, berdasarkan jenis ikan hasil tangkapan, dan seterusnya. Proses yang dilakukan adalah memecah data global menjadi beberapa file data dalam format csv sesuai dengan filter yang diinginkan.
  2. Modul Verifikasi Data: modul untuk memeriksa data apakah mengandung suatu outliers (nilai ekstrim) dalam pemodelan. Statistik yang digunakan untuk verifikasi data adalah RStudent, DFFITS, Cook’s D, DFBETAS dan COVRATIO.
  3. Modul Fungsi produksi: modul untuk membuat model fungsi produksi menggunakan 6 jenis metode, yaitu:
  • Metode Kuadrat Terkecil (Ordinary Least Square)
  • Backward Stepwise
  • Regresi Komponen Utama (PCR)
  • Partial Least Square (PLS)
  • Ridge Regression
  • Least Absolute Shrinkage and Selection Operator (LASSO)

Pengguna diberikan kesempatan untuk memilih salah satu jenis metode untuk memverifikasi data, atau menggunakan beberapa metode sekaligus dan kemudian diperbandingkan untuk mencari metode yang terbaik.

Modul Evaluasi Model digunakan untuk melakukan evaluasi hasil perhitungan dari beberapa model yang dihasilkan.

  1. Modul Kapasitas Penangkapan Ikan: modul untuk melakukan menstandarisasi alat penangkapan ikan dengan menggunakan pemograman linier.
  2. Modul Produktivias dan Evaluasi Model: modul untuk melakukan perhitungan produktivitas kapal penangkap ikan dengan melakukan pemodelan fungsi produksi, optimasi kapasitas penangkapan ikan, dilanjutkan perhitungan produksi optimal dan pada akhirnya mendapatkan nilai produktivitas. Pada menu Analisis Produktivitas ini nilai produktivitas dihitung menjadi tiga bagian, yaitu: bagian pertama adalah produktivitas sesaat (Total tangkapan dibagi dengan jumlah kapal atau bobot kapal). Bagian Kedua dan Bagian Ketiga menghitung produktivitas berdasarkan kapasitas optimum. Perbedaannya adalah pada Bagian Kedua semua data digunakan untuk membuat model perhitungan, sedangkan pada Bagian Ketiga sebagian data outliers (ekstrim) tidak dipergunakan. Pada tahap akhir dari perhitungan ini adalah memilih model terbaik, model terbaik dipilih berdasarkan kriteria RMSE (Root Mean Square Error). Model terbaik adalah model dengan kriteria RMSE (Root Mean Square Error) untuk prediksi terkecil. Produktivitas kemudian dihitung berdasarkan produksi optimal (Y Optimal) terhadap jumlah kapal dalam satu trip atau terhadap tonase kapal.

Keunggulan Teknologi

Aplikasi Sistem Penghitungan Produktivitas Alat Penangkapan Ikan ini dibuat dengan prosedur yang sangat sederhana sehingga pengguna dengan latar belakang Sekolah Lanjutan Atas mampu untuk mengoperasikan aplikasi ini dengan baik. Modul yang disediakan tidak banyak tetapi sudah mampu untuk menjawab berbagai keperluan penghitungan produktivitas alat penangkapan ikan.

Untuk menjalankan Fish-Pro relatif mudah, cukup melakukan instalasi dengan cara menjalankan file setupFish-Pro.exe. Fish-Pro merupakan aplikasi komputer yang berjalan secara stand-alone berbasis Sistem Operasi Microsoft Windows. Kebutuhan untuk menjalankan aplikasi adalah tersedianya kapasitas harddisk minimal 500 MB dengan memori minimal 200 MB. Semakin besar kapasitas harddisk dan memori akan lebih baik untuk mempercepat proses.

Aplikasi Sistem Fish-Pro ini meskipun terlihat sederhana, tetapi telah memberikan solusi terhadap beberapa kelemahan penghitungan produktivitas kapal penangkapan ikan selama ini. Pada penghitungan produktivitas dalam aplikasi ini, nilai produktivitas adalah produktivitas baku. Nilai tersebut adalah nilai yang telah melalui proses penyaringan data dan pemilihan model penduga parameter yang lebih baik.


Potensi Aplikasi

Aplikasi sistem Fish-Pro ini sangat dibutuhkan oleh pemangku kepentingan perikanan tangkap, seperti pemerintah baik pusat maupun daerah, nelayan. peneliti, pengusaha, dosen, dan mahasiswa serta beberapa kalangan pemerhati perikanan tangkap lainnya. Produktivitas penangkapan ikan memegang peranan yang sangat penting bagi kegiatan perikanan secara luas. Kaitannya dengan pemanfaatan nilai produktivitas, agar memenuhi aspek keadilan, maka penentuannya sebaiknya pada saat unit usaha dalam kondisi efisien baik secara teknis maupun ekonomis. Hal ini perlu dilakukan agar nilai produktivitas acuan pada kondisi standard, sehingga benar-benar mencerminkan produktivitas sesungguhnya. Melalui aplikasi Fish-Pro akan diperoleh hasil analisis efisiensi teknis seberapa besar input yang diperlukan untuk mencapai tingkat efisiensi yang optimum. Hasil analisis efisien teknis dapat digunakan untuk memperbaikiukuran input yang digunakan.