• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Salam untuk Rematik


Abstrak

Inovasi ini berhubungan dengan komposisi fraksi air daun salam (Zysygium polyanthum) dan fraksi air sambiloto (Andrographis paniculata Nees) dalam bentuk tablet sebagai antiantiinflamasi (anti rematik). Penggunaan obat dalam bentuk tablet untuk anti rematik saat ini masih banyak berasal dari bahan sintetis yang pada umumnya memiliki efek samping terhadap saluran cerna. Tablet yang dihasilkan ini tidak memiliki efek samping terhadap saluran cerna, dengan efek anti rematik yang baik.

Deskripsi

A. JUDUL PENELITIAN

“Komposisi Tablet Kombinasi Fraksi Air Ekstrak Etanol Daun Salam Dan Fraksi Air Ekstrak Etanol Herba Sambiloto Sebagai Antiinflamasi”

 

BKEBARUAN KARYA INOVASI

             Tablet dari fraksi air salam dan sambiloto ini belum ada di masyarakat, meskipun tanaman salam dan sambiloto sudah dikenal luas di masyarakat. Penggunaan obat dalam bentuk tablet untuk anti rematik saat ini masih banyak berasal dari bahan sintetis yang pada umumnya memiliki efek samping terhadap saluran cerna. Tablet yang dihasilkan ini tidak memiliki efek samping terhadap saluran cerna, dengan efek anti rematik (antiinflamasi) yang baik.

 

B. MANFAAT KARYA INOVASI

            Invovasi ini berhubungan dengan komposisi fraksi air ekstrak etanol daun salam (Zysygium polyanthum) dan fraksi air ekstrak etanol herba sambiloto (Andrographis paniculata Nees) dalam bentuk tablet sebagai antiinflamasi. Bentuk talet memiliki keuntungan yaitu pemakaian yang praktis dan dapat mudah untuk dibawa. Penggunaan yang praktis dari tablet juga akan menyebabkan kepatuhan peggunaan obat dan meningkatkan keberhasila pengobatan.

            Selain itu, penggunaan fraksi air salam dan sambiloto ini memiliki keuntungan dibandingkan dengan obat-obat sintetis selama ini yang digunakan sebagai anti rematik, yaitu tidak menyebabkan efek samping pada saluran cerna.

            Pemanfaatan bahan alam asli Indonesia ini memiliki peluang untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat yang membudidayakan tanaman ini dan peluang untuk menjadi obat fitofarmaka dengan peluang ekspor.

 

C. PENELITIAN YANG TELAH DILAKUKAN

Stres oksidatif adalah suatu keadaan ketidakseimbangan yang serius antara pembentukan radikal bebas dan sistem antioksidan yang menimbulkan kerusakan jaringan yang potensial. Radikal bebas didefinisikan sebagai sekelompok zat kimia yang sangat reaktif karena memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Peningkatan dari radikal bebas tersebut dapat memicu  peroksidasi lipid. Kerusakan akibat peroksidasi lipid dapat menghasilkan metabolit sekunder. Salah satunya adalah malondialdehyd (MDA) yang merupakan hasil akhir peroksidasi lipid. Terdapat hubungan yang erat antara kemampuan menangkap radikal oksigen dengan aktivitas antiinflamasi. Semakin tinggi daya tangkap radikal oksigen, semakin kuat pula aktivitas antiinflamasinya. Aktivitas antiinflamasi bekerja melalui penangkapan radikal bebas oksigen dan dapat menghambat segala tipe oksigenasi (COX) dan lipooksigenase (LOX). Penghambatan COX yang tidak selektif oleh obat-obat antiinflamasi non steroid seringkali menyebabkan efek ulserogenik yang tidak diinginkan, sehingga perlu dilakukan uji ulserogenik. Efek antiinflamasi ini yang menjadi dasar dari penggunaan tablet yang dihasilkan dapat digunakan sebagai anti rematik.

Pada penelitian sebelumnya, perbandingan fraksi air ekstrak etanol daun salam : fraksi air ekstrak etanol herba sambiloto dengan perbandingan = 9,865 : 1,135 dan dosis 234 mg, akan diperoleh efek antiinflamasi optimum, tanpa efek ulserogenik pada tikus. Inovasi ini menggunakan kombinasi fraksi air ekstrak etanol daun salam (Zysygium polyanthum) dan fraksi air ekstrak etanol herba sambiloto (Andrographis paniculata Nees) yang ditentukan formula optimum dalam bentuk tablet sebagai antiinflamasi. Tablet dengan formula yang menggunakan Avicel PH 102 sebagai pengisi dengan konsentrasi crospovidone 4,55% yang memberikan hasil respon kekerasan tablet 4,89 Kp, kerapuhan tablet 0,49%, waktu hancur tablet 23,97 detik.

 

D. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

1. Potensi Pasar

* Salam dan sambiloto merupakan tanaman obat yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, sehingga dapat menjamin ketersediaan bahan baku.

* Digunakannya bentuk fraksi air dari ekstrak salam maupun sambiloto memungkinkan digunakannya dosis yang lebih kecil pada sediaan tablet.

* Tablet dari kombinasi fraksi air salam dan sambiloto untuk anttinflamasi guna pengobatan rematik belum ada di pasaran.

* Penyakit rematik memiliki prevalensi yang tinggi di Indonesia dan merupakan penyakit kronis, sehingga pengobatan yang dilakukan adalah rutin.

* Saat ini obat anti rematik yang banyak digunakan adalah dari golongan non steroid yang memiliki efek samping iritasi saluran cerna.

b. Peluang Pasar

*Tablet kombinasi fraksi air salam dan sambiloto memiliki potensi untuk digunakan sebagai tablet anti rematik dengan penggunaan yang praktis dan nyaman sehingga akan disukai konsumen.


Keunggulan Teknologi

Keunggulan Inovasi:

*Tablet dari fraksi air salam dan sambiloto ini belum ada  di masyarakat, meskipun tanaman salam dan sambiloto sudah dikenal luas di masyarakat.

* Penggunaan obat dalam bentuk tablet lebih nyaman dan praktis, yang dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam menggunakan obat.

* Tablet yang dihasilkan ini tidak memiliki efek samping     terhadap saluran cerna, dengan efek anti rematik  (antiinflamasi) yang baik.


Potensi Aplikasi

ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

1. Potensi Pasar

* Salam dan sambiloto merupakan tanaman obat yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, sehingga dapat menjamin ketersediaan bahan baku.

* Digunakannya bentuk fraksi air dari ekstrak salam maupun sambiloto memungkinkan digunakannya dosis yang lebih kecil pada sediaan tablet.

* Tablet dari kombinasi fraksi air salam dan sambiloto untuk anttinflamasi guna pengobatan rematik belum ada di pasaran.

* Penyakit rematik memiliki prevalensi yang tinggi di Indonesia dan meruakan penyakit kronis, sehingga pengobatan yang dilakukan adalah rutin.

* Saat ini obat anti rematik yang banyak digunakan adalah dari golongan non steroid yang memiliki efek samping iritasi saluran cerna.

b. Peluang Pasar

*Tablet kombinasi fraksi air salam dan sambiloto memiliki potensi untuk digunakan sebagai tablet anti rematik dengan penggunaan yang praktis.