• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Isolasi cara eksplan multipanen untuk sel punca mesenkimal asal tali pusat menggunakan bahan xeno-free asal dalam negeri


Abstrak

Sel punca mesenkimal (SPM) dapat diisolasi antara lain dari tali pusat. Penggunaan SPM untuk terapi memerlukan jutaan sel dan karenanya sel harus dikultur agar jumlahnya mencukupi. Kultur umumnya menggunakan fetal bovine serum (FBS) yang dapat menimbulkan reaksi penolakan. Pada penelitian ini digunakan konsentrat trombosit asal PMI untuk menggantikan FBS dan cara isolasi eksplan multipanen yang dapat mengisolasi SPM dalam jumlah lebih banyak dibanding metode konvensional.

Deskripsi

 

Sel punca adalah sel belum berdiferensiasi dengan kemampuan memperbanyak diri dan dapat berubah menjadi berbagai sel untuk menggantikan sel yang rusak karena berbagai penyakit.

 

Sel punca mesenkimal adalah sel punca dewasa yang dapat diisolasi dari berbagai jaringan dewasa, salah satunya dari tali pusat.  Sel punca mesenkimal asal jaringan tali pusat sumbernya adalah limbah tali pusat yang melimpah ruah selama masih ada bayi yang lahir. Selain itu, karena merupakan limbah, pengambilan tali pusat tidak memberikan efek samping pada donornya seperti sumber lainnya.

 

Sel punca mesenkimal mempunyai kelebihan dibanding sel punca jenis lain karena imunogenisitasnya rendah, dan bersifat imunomodulator, sehingga dapat menghindarkan terjadinya reaksi penolakan walaupun berasal dari donor. Sel punca mesenkimal asal tali pusat juga mempunyai kelebihan dibanding sel punca mesenkimal asal sumsum tulang atau jaringan lemak, karena dapat diperbanyak secara lebih mudah, karena berasal dari sumber yang sangat muda.

 

Penggunaan sel punca untuk terapi memerlukan jumlah sel yang banyak, dan karenanya sel harus dikultur agar jumlahnya mencukupi. Kultur untuk memperbanyak jumlah sel punca mesenkimal umumnya menggunakan suplemen fetal bovine serum yang beresiko menimbulkan reaksi penolakan, dan karenanya, pada penelitian ini kami menggunakan konsentrat trombosit golongan AB yang didapat dari PMI untuk menggantikan FBS dengan hasil yang lebih baik, dan harga yang lebih ekonomis.

 

Selain itu, kami telah mengembangkan cara isolasi dengan cara eksplan multipanen yang mempunyai keunggulan karena dapat mengisolasi sel punca mesenkimal dalam jumlah lebih banyak dibanding metode konvensional.

 

 


Keunggulan Teknologi

 

Isolasi cara eksplan multipanen mempunyai keunggulan karena dapat mengisolasi sel punca mesenkimal dalam jumlah lebih banyak dibanding metode konvensional.

 

Penggunaan konsentrat trombosit yang merupakan bahan xeno-free lebih menjamin keamanan sel punca mesenkimal untuk diberikan ke pasien karena meniadakan kemungkinan reaksi penolakan.

 

Penggunaan bahan dalam negeri memungkin untuk menekan biaya produksi sehingga produk dapat bersaing dengan produk sejenis dari luar negeri.

 

Penelitian isolasi sel punca mesenkimal asal jaringan tali pusat dilakukan di Unit Pelayanan Terpadu Teknologi Kedokteran (UPT TK) sel Punca RSCM, dan RSCM adalah salah satu dari dua rumah sakit payung utama yang membawahi rumah sakit jejaring yang telah ditunjuk untuk memberi layanan terapi sel punca yang legal.

 


Potensi Aplikasi

 

Sel punca mesenkimal mempunyai prospek yang sangat besar untuk diaplikaikan pada berbagai penyakit degeneratif, seperti infark miokard, stroke, penyakit paru obstruktif kronik, berbagai penyakit autoimun, seperti SLE, rematoid artritis, membantu meniadakan reaksi penolakan ginjal transplant pada gagal ginjal, trauma dengan defek tulang yang luas, membantu penerimaan tandur kulit pada luka bakar, dsb.

 

Penelitian dilakukan di UPT TK sel punca RSCM/FKUI yang ditunjuk oleh Departemen Kesehatan sebagai salah satu Pusat untuk melakukan terapi sel punca di Indonesia. UPT TK sel punca memiliki berbagai kluster dengan dokter spesialis yang dibutuhkan untuk memberikan terapi sel punca di berbagai bidang spesialisasi. Karena itu, potensi aplikasi produk sel punca mesenkimal hasil penelitian kami sangatlah besar.