• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

“M-POK” Mesin Pencetak Opak Beras Ketan Otomatis sebagai Solusi Home Industry Pengrajin Opak di Tasikmalaya


Abstrak

Mesin pencetak opak beras ketan (M-Pok) merupakan suatu teknologi baru yang dapat menyelesaikan mesalah dalam usaha kecil menegah (UKM) pengrajin opak ketan di Tasikmalaya. M-POK memanfaatkan teknologi yang sederhana namun menghasilkan luaran berupa hasil cetakan opak beras ketan yang maksimal dan bentuknya bervariasi berbentuk lingkaran, love, dan bulan sabit. Dengan menggunakan mesin ini maka kaualitas opak akan semakin baik dengan ketebalan relative sama. Sehingga, produktivitasnya menin

Deskripsi

Opak merupakan salah satu makanan khas daerah Jawa Barat. Terdapat dua jenis opak yang sering diolah di daerah ini yaitu opak beras ketan dan opak singkong. Opak beras ketan biasanya disajikan pada saat hajatan dan pada hari-hari besar nasional. Kecamatan Cibeureum Tasikmalaya merupakan salah satu sentra pembuatan opak beras ketan yang saat ini masih konsisten. Usaha pengrajin opak ini berdiri pada tahun 1992 dengan jumlah pekerja saat ini sebayak 14 orang dengan efektifitas kerja selama 1 jam menghasilkan 300 buah opak. Opak juga merupakan salah satu olahan konsumsi yang membutuhkan keahlian dan tahapan khusus untuk menghasilkan olahan makanan yang berkualitas. Struktur ketan yang tidak seperti terigu pada umumnya membuat opak perlu tahapan khusus pengolahan yang benar. Namun dewasa ini keberadaan makanan khas ini mulai ditinggalkan karena bentuknya yang dinilai kurang menarik dan kalah saing dengan prodak olahan lainnya. Selain itu, dari segi ekonomi dan tenaga juga masih kurang efektif karena membutuhkan banyak tenaga kerja serta waktu yang lama dalam pembuatannya. Kapasitas pencetakan opak  dengan manual masih relatif rendah dan sulit untuk  mencukupi permintaan opak beras ketan dalam jumlah  besar dalam waktu yang singkat maka diperlukan suatu teknologi yang tepat guana. Tujuan dari Rancang bangun ini yaitu 1) meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi opak beras ketan di Home Industry opak beras Kecamatan Cibereum, Tasikmalaya, 2) memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan dalam proses pembuatan opak beras ketan, 3) membantu para pengusaha opak beras ketan agar mendapat laba yang maksimal, dan 4) membantu pengusaha opak beras ketan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam waktu yang singkat. Metode yang digunakan dalam program rancang bangun ini adalah metode pendekatan rancangan secara umum yaitu berdasarkan pendekatan rancangan fungsional dan pendekatan rancangan prototype. Berdasarkan analisis dan pembautatan disain bahwa mesin pencetak opak yang dibuat meiliki sfesifikasi, 1) dimensi M-POK panjang 120 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 80 cm, 2) motor penggerak 0.2 Hp , 3) volume hopper 5 kg, 4) apasitas pencetakan 3600 opak ketan / jam, dan 5) kecepatan transslasi konveyor 50 rpm. Dengan mengguanakan M-POK ini mitra kami diperdiksi dapat menerima manfaat berupa kapasitas produksi meningkat 50 sampai 100 % dan keuntungan bertambah sekitar 30 sampai 70% dengan analisis waktu produksi selama 3 tahun.


Keunggulan Teknologi

  • Belum ada yang mebuat mesin semacam M-POK
  • M-POK sangat mempertahtikan standar food grade dibandingkan dicetak secara manual
  • Memenuhi aspek ergonomika
  • Praktis dalam pemakainaya karna ukurannya minimalis
  • Kapasitas produki meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan cara manual 
  • Pencetakan opak ketan tidak memerlukan banyak tenaga

Potensi Aplikasi

Mesin pencetak opak ini dapat dimanfaatkan oleh kelompok usaha kecil menengah (UKM) pengrajin opak ketan sebagia alat untuk membantu kegiatan produksi pencetakan opak dalam sekala besar. Selain itu, mesin ini dapat dimanfaatkan oleh industry kecil menengah untuk baik berupa produksi opak ketan maupun usaha kerupuk.