• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Inkubator Minuman Susu Fermentasi untuk Menyediakan Yoghurt Segar Setiap Saat


Abstrak

Kesegaran dari minuman Yoghurt atau susu fermentasi merupakan kunci diferensiasi dari produk sejenis yang ada di pasar pada saat ini. Inkubator minuman susu fermentasi pada inovasi ini dapat menghasilkan produk yoghurt siap saji yang segar dan higienis. Proses produksi dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan murah.

Deskripsi

Kesegaran dari minuman Yoghurt atau susu fermentasi merupakan kunci diferensiasi  dari produk sejenis yang ada di pasar pada saat ini. Hampir semua produk minuman Yoghurt disajikan di dalam gelas dan wadah yang dibungkus rapat, serta dijual di pasar swalayan dan hypermarket. Proses ini memerlukan proses pemindahan minuman Yoghurt dari kontainer proses ke dalam gelas atau kantong plastik sebelum ditutup rapat. Potensi kontaminasi mikroba sangat mungkin terjadi pada saat pemindahan minuman dari kontainer ke wadah tersebut. Dengan kata lain, penyimpanan yang lama membuat waktu proses kontaminasi dapat terjadi dan di samping itu, gelas plastik dan kantong plastik tersebut perlu disimpan dalam wadah penampung lain atau kardus sebelum di distribusikan.

\

Proses produksi minuman susu fermentasi dengan inkubator ini memiliki keunggulan teknis yang dapat membuat susu fermentasi dalam waktu relatif singkat dengan biaya rendah. Investasi peralatan menjadi murah, karena dapat menggunakan kontainer air isi ulang untuk wadah prosesnya. Peralatan yang terbuat dari stainless steel tidak perlu digunakan untuk proses fermentasi ini, karena bahan polycarbonate aman digunakan untuk bahan susu hingga pemanasan sampai 50oC. Penggunaan listrik yang relatif rendah untuk pemanas keramik dan juga pengaduk kecil ikut berkontribusi terhadap ongkos operasi yang relatif rendah dan dapat diandalkan.

\

Inovasi yang pada invensi ini berupa alat inkubator untuk memproduksi minuman susu fermentasi seperti Yoghurt dan probiotik dengan konstruksi kayu untuk skala industri kecil. Inkubator pada invensi ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu konstruksi kayu, kontainer galon isi ulang, dan pemanas keramik.

\

Bahan kayu adalah bahan insulator alami untuk suhu sekitar 50oC. Untuk keperluan dalam inkubator fermentasi susu yang memerlukan suhu dengan rentang 40 – 45oC, kayu dengan ketebalan kayu ≥ 1 cm sudah menjadi isolator yang baik. Dalam hal ini, penggunaan berbagai macam jenis kayu dapat dipilih/digunakan. Semakin tebal kayu yang digunakan, semakin baik konstruksinya. Untuk menjaga kebersihan bagian dalam alat inkubator, maka digunakan lapisan alumunium pada seluruh bagian dalam, sehingga mudah dibersihkan.

\

Penggunaan kontainer galon air isi ulang berdiameter 4 - 6 cm untuk wadah fermentasi susu di dalam inkubator merupakan invensi untuk solusi praktis dan higienis beserta keamanan pangan. Tipe kontainer dengan bukaan kecil merupakan ciri khas dari kontainer susu di seluruh dunia. Bentuk struktur  botol isi ulang dengan bentuk mulut kontainer kecil sangat tepat untuk menangani susu fermentasi, karena membuat luas kontak bagian dalam kontainer dengan udara di luarnya menjadi kecil dan di sisi lain kontainer memiliki tutup plastik yang mudah digunakan. Dengan melakukan pengamatan dari konstruksi galon air isi ulang yang dibuat dari bahan polycarbonate ditemukan kesamaan dengan kontainer susu dan aman digunakan pada pemanasan 40-45oC.  Dalam hal ini, kontainer galon air isi ulang yang digunakan harus yang mudah dibersihkan dengan air panas  90oC di dalamnya untuk sterilisasi sebelum diisi larutan susu cair. Inkubator ini dilengkapi dengan pengaduk listrik untuk pengadukan larutan susu cair di dalam kontainer galon isi ulang. Desain pengadukan sedemikian rupa, sehingga dapat masuk ke dalam mulut kontainer dan memberi vortek pengadukan yang baik dengan tanpa aerasi.

\

Penggunan pemanas keramik dengan daya listrik kecil berbentuk piringan cekung terbukti sangat handal dan dapat digunakan dengan proses terus menerus selama proses fermentasi berlangsung. Konstruksi inkubator dengan pemanas keramik terbukti sangat handal bila dibandingkan dengan pemanas koil biasa. Dengan menggunakan thermostat  sebagai pengatur suhu proses agar disekitar berada disekitar 40-45oC, proses pemanasan di dalam inkubator dengan pemanas keramik menjadi sangat baik dan terkendali. Merek dan ukuran daya pemanas yang digunakan banyak tersedia di pasar.

\

Proses pembuatan dengan ukuran 18 – 25 liter untuk satu kali proses dalam galon air membuat proses pembuatan minuman Yoghurt sangat mudah dan higienis. Galon yang sudah berisi minuman Yoghurt dari inkubator kayu mengalami proses aging satu hari di lemari pendingin 10oC selama 12 jam. Proses aging memberikan waktu untuk homogenisasi dan pemeriksaan mutu sebelum secara utuh dalam galon sama yang akan dikirim ke kios untuk disajikan kepada para calon pembeli. Proses ini membuat langkah persiapan di lokasi  menjadi mudah dan hanya memerlukan pompa transfer yang dapat dibersihkan sebelum dan setelah digunakan.  Minuman Yoghurt disajikan siap saji dengan aneka pilihan buah-buahan seperti strawberry, blueberry, orange, tape ketan, cokelat, karamel dan alternatif lainnya. Aneka pilihan buah dan rasa ini menjadikan kios menjadi tempat pembeli memilih cita rasanya sendiri sesuai kreasi yang diinginkan dengan mencampur buah beserta rasa kesenangannya.

\

 


Keunggulan Teknologi

1)    Menghasilkan produk segar dan higienis

\

2)    Memiliki keunggulan teknis dan dapat membuat susu fermentasi dengan volume 20-30 l dalam waktu 5 jam per batch dengan biaya rendah (Rp. 63.244/hari)

\

3)    Investasi peralatan murah, karena dapat menggunakan kontainer air isi ulang untuk wadah prosesnya

\

4)    Peralatan pembuatan sederhana dan mudah digunakan

\

5)   Penggunaan listrik yang relatif rendah untuk pemanas keramik dan juga pengaduk kecil ikut berkontribusi terhadap ongkos operasi yang relatif rendah


Potensi Aplikasi

Inovasi ini dapat diaplikasikan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang minuman. Model usaha berbentuk frencise dapat diterapkan untuk aplikasi produk ini. Produksi minuman susu fermentasi di buat dalam klaster yang berfungsi sebagai dapur yang didukung oleh inkubator dan lemari pendingin.