• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sediaan Enkapsulasi Probiotik Lactobacillus plantarum Mar8


Abstrak

Aneka makanan suplemen yang menawarkan rasa dan kesegaran semu sekarang ini sangat banyak di pasaran. Sanopro adalah suplemen kesehatan yang mengandung bakteri probiotik Lactobacillus plantarum Mar8 aktif yang berpotensi mereduksi peningkatan kolesterol, pencegahan aterosklerosis, peningkatan sistem immunitas non spesifik, dan detoksifikasi senyawa beracun. Sanopro mudah dikonsumsi dan dikemas dalam kemasan almunium sehingga khasiat dan rasanya tidak berubah dalam jangka waktu lama.

Deskripsi

Produk ini berupa bakteri probiotik Lactobacillus plantarum Mar8 yang telah dienkapsulasi dalam bahan penyalut sehingga relatif lebih stabil bentuk dan fungsi kehidupannya. Probiotik yang hidup ini bersama dengan bahan makanan memberikan manfaat dalam meningkatkan kecernaan, fungsi metabolism, dan kesehatan pada umumnya. Probiotik menghasilkan enzim glukasidase dan transferase yang memodifikasi karbohidrat kompleks menjadi siap pakai dalam sistem pencernaan. Selain sebagai sumber protein sel tunggal, probiotik ini juga berperan dalam meningkatkan fungsi sistematik immunitas.

Untuk mempertahankan daya hidup selama proses dan penyimpanan, beberapa teknik praktis telah dikembangkan salah satunya adalah teknik mikroenkapsulasi dengan spray drying. Teknik ini mengubah kultur bakteri probiotik cair ke bentuk serbuk terkonsentrasi sehingga selain bakteri probiotik terlindungi juga dapat mempermudah penggunaannya.


Keunggulan Teknologi

Produk probiotik ini dikembangkan dari probiotik spesifik buah-buahan tropis dalam bentuk sediaan padat yang relatif lebih efektif, praktis, dan stabil.


Potensi Aplikasi

1. Industri makanan dan minuman

2. Industri farmasi

3. Industri pakan

4. Kelompok masyarakat rentan terhadap penyakti infeksi