• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

PEMANFAATAN WORTEL SEBAGAI BAHAN BAKU VEGETABLE LEATHER BERGIZI TINGGI


Abstrak

Vegetable leather (sayuran berbentuk lembaran) bergizi tinggi yang dibuat dari ekstrak wortel dan ditambah dengan bahan pembantu lainnya. Produk ini berupa lembaran yang tipis, kering dan berwarna oranye. Apabila disiram dengan air panas atau dingin maka akan didapatkan tekstur yang kenyal dan elastis untuk dibentuk atau dilipat serta empuk untuk digigit. Dengan bentuk yang unik tersebut diharapkan akan diterima oleh konsumen anak-anak yang cenderung kurang menyukai konsumsi sayuran.

Deskripsi

Wortel yang dibuat dalam bentuk lembaran kering merupakan salah satu bentuk olahan sayuran yang dapat dijadikan alternatif pilihan bagi konsumen.  Dibandingkan dengan wortel segar, produk ini memiliki beberapa keunggulan karena mempunyai umur simpan yang lama, dapat digunakan sewaktu-waktu dan mudah dalam penyajiannya.  Selain itu pada pembuatan lembaran ini ditambahkan karagenan yang menjadikannya bersifat elastis sehingga dapat dilipat dan dibentuk sesuai dengan selera.

Lembaran sayuran dibuat dengan cara mengestrak wortel segar, menambahkan karagenan, gula pasir dan asam sitrat.  Campuran tersebut kemudian dipanaskan, dicetak dalam loyang.  Setelah memadat, lembaran tersebut kiemudian dikeringkan.  Untuk mendapatkan produk yang bermutu baik, bahan-bahan dikombinasikan untuk mendapatkan berbagai formulasi.


Keunggulan Teknologi

  1. Penampilannya lebih menarik karena wortel dibuat dalam bentuk lembaran.
  2. Bentuknya yang kenyal seperti agar-agar dapat mengesankan tidak sedang mengkonsumsi sayuran, ini cocok untuk konsumen anak-anak yang sulit makan sayur.
  3. Produk ini dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan seperti: pembungkus nasi, pembungkus siomay, campuran cap cay, campuran salad, dijadikan agar-agar, dan lain-lain.
  4. Peralatan yang digunakan untuk membuat lembaran cukup sederhana dan aplikasinya dalam proses produksi relatif murah.
  5. Bahan baku yang digunakan tersedia di Indonesia dalam jumlah melimpah.

Potensi Aplikasi

Industri makanan