• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Rumah \Knock Down\ Pasca Bencana -Branding Your Business With Humanity-


Abstrak

Rumah pasca bencana adalah desain yang mampu menjawab berbagai kepentingan stake holders, terutama pengungsi/korban bencana dengan sistem bangunan yang terintegrasi. Rumah ini murah, mudah, cepat, nyaman, tahan lama, diproduksi masal, mudah didistribusi. Citra rumah ini bisa menjadi 'duta' usaha dari donatur dari identitas dinding luarnya. Dengan sistem knock down maka rumah ini tetap dimiliki donatur sebagai aset, digunakan berulang untuk menjawab bencana.. Branding Your Business With Humanity!

Deskripsi

Bencana alam sering terjadi di Indonesia membawa akibat berbagai kerusakan, utamanya makanan, pakaian dan bangunan rumah tempat tinggal. Rekonstruksi rumah pasca bencana menjadi sangat diperlukan karena kondisi jiwa dan kesehatan korban yang labil perlu naungan untuk dapat bertahan hidup. Penyediaan hunian darurat yang banyak dilakukan adalah penyediaan shelter atau huntara, hunian sementara,  seperti tenda, rumah bilik bambu, rumah tripleks, rumah plastik, dll. sebagai tindakan awal dalam member solusi kejadian pasca bencana, namun solusi ini tidak dapat bertahan lama karena material yang tipis, rentan, proses membangun yang sulit dan jauh dari kebutuhan  kesehatan apalagi kenyamanan. Pengungsi biasanya menunggu proses pembangunan rumah permanen yang cukup lama, disinilah peran rumah “knock down” ini menjadi solusi tepat dan cepat. Kualitas rumah ini memang tidak lebih baik dari rumah permanen tetapi faktor kenyamanan dan kesehatan telah terakomodasi. Hal yang terjadi adalah rumah huntara di atas tidak dapat dipakai ulang sehingga perlu pengadaan ulang kembali. Adalah lebih baik jika rumah pasca bencana dapat bertahan lama, kuat, dan nyaman sehingga dapat dibongkar pasang untuk dapat digunakan berulang kali, sehingga setiang datang bencana pengadaan rumah bagi pengungsi telash siap tersedia dan dapat didatangkan dengan segera, sebagai upaya preventif dalam penanggulangan bencana. Kehandalan rumah pasca bencana ini mampu menjawab kebutuhan terhadap kebutuhan akan biaya murah, ketersediaan, kecepatan, kemudahan konstruksi, pemakaian jangka panjang, pemberdayaan tenaga lokal. Pengadaan rumah ini memungkinkan mengakomodasi konsep-konsep CSR (corporate social responsibility), sponsorship maupun marketing yaitu dengan:

\
    \
  1. Memberi cat/ gambar pada bidang dinding luar rumah sebagai media publikasi, yang menampilkan identitas/ branding dari perusahaan, lembaga atau institusi dari donator, bail perorangan maupun kolektif.
  2. \
  3. Paket-paket pengadaan dan pengelolaan rumah pasca bencana yang bisa bergulir dalam siklus pemakaian setiap ada bencana datang dengan program dari donatur yang berbeda.
  4. \
  5. Konsep kehandalan ini akan berdampak positif kepada pihak-pihak pengelola korban bencana dengan mengakumulasi potensi-potensi stakeholder yang berdampak luas bagi persepsi dan apresiasi dari masyarakat luas melalui publikasi yang dilakukan oleh berbagai media massa.
  6. \
  7. Pengadaan rumah “knock down” pasca bencana ini sudah siap menerapkan konsep sistem produk sebagai asset, dimana pengadaan unit secara massal (mass product) dan manajemen penggunaan berulang (re-use), dengan tersedianya workshop dan balai-balai/ bengkel pengadaan bangunan di berbagai daerah.
  8. \

Keunggulan Teknologi

    \
  1. Menerapkan konsep “ Branding your business with humanity” yang memberikan wahana dan mediasi bersinerginya bisnis dan kepedulian sosial secara sempurna.
  2. \
  3. Keunggulan teknologi rumah pasca bencana ini adalah sistemnya yang berteknologi \knock down\ bisa di urai dan di rakit kembali. Sistem ini memungkinkan penerapan konsep rumah bagi pengungsi ini sebagai aset yang bisa dipasang cepat dan berulang.
  4. \
  5. Penyediaan rumah yang “ready stock”, sebagai upaya preventif untuk sewaktu-waktu terjadi bencana, rumah ini dapat  dikirimkan dengan secepat-cepatnya dalam volume yang banyak.
  6. \
  7. Nilai tambah dari rumah ini adalah memberikan kualitas hunian yang jauh lebih sehat dan nyaman, proses konstruksi yang cepat dan mudah, tidak cepat rusak, perbaikan komponen yang mudah, pengiriman yang simpel.
  8. \

Potensi Aplikasi

Rumah pasca bencana dengan sistem “knock down” ini telah dibuat prototipenya dan sudah difungsikan selama hampir 3 tahun. Secara teknis rumah ini masih kuat dan nyaman digunakan, dan sudah direlokasi sebanyak dua kali tanpa permasalahan yang berarti. Selain untuk rumah, dimungkinkan juga untuk pembangunan sekolah, puskesmas, rumah peribadatan yang bersifat khusus/ customized.