• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Aerosol Bio Hand Sanitizer Berbasis Nano Kitosan sebagai Antibakteri


Abstrak

Aerosol Bio Hand Sanitizer berbasis nano partikel kitosan, merupakan salah satu alternatif pembersih tangan alami, aman tanpa efek samping (dibanding penggunaan alkohol), karena menggunakan anti bakteri alami dari kitosan berbentuk nano partikel yang sangat reaktif (telah diuji dengan PSA dan SEM) sehingga tepat dosis dan efisien (uji metode diameter inhibisi dan probandus). Penggunaan bentuk aerosol memudahkan pemakaiannya lebih praktis, lebih cepat homogen, lebih tepat dosis jadi lebih hemat.

Deskripsi

Kemajuan zaman seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan meningkatnya kebutuhan akan kebersihan. Gaya hidup bersih membutuhkan bahan tambahan sebagai pembersih yang dapat diterapkan pada tubuh ataupun alat. Tangan adalah anggota tubuh untuk memegang sesuatu khususnya makanan harus selalu bersih dan biasanya dilakukan dengan mencuci tangan. Bahan pembersih tangan (hand sanitizer) sudah umum digunakan oleh masyarakat di saat-saat fasilitas untuk cuci tangan tidak tersedia.

\

Hand sanitizer merupakan cairan dengan fungsi membersihkan mikroorganisme pada tangan maupun alat dengan formulasi anti bakteri tertentu yang selama ini kebanyakan anti bakteri yang digunakan adalah alkohol. Penggunaan alkohol sebagai antibakteri dalam hand sanitizer dapat menimbulkan efek negatif bagi penggunanya diantaranya iritasi pada tangan sampai ke tenggorokan bahkan bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan, oleh karena itu diperlukan hand sanitizer yang halal, aman, nyaman dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Salah satu alternatif adalah menggunakan antibakteri alami dari nano kitosan. Swastika (2008) menyatakan bahwa nano partikel kitosan dapat digunakan sebagai antibakter. Oleh karena itu dalam inovasi ini digunakan nano partikel kitosan yang berfungsi sebagai anti bakteri dan sebagai pengganti   alkohol dalam hand sanitizer.

\

Nano kitosan adalah kitosan dengan ukuran partikel sangat kecil, yaitu   10-9 m, biodegradable dan biokompatibel. Mobilitas nano partikel kitosan sangat cepat  karena ukuran kecilnya dan  lebih reaktif menginaktifkan bakteri sehingga menjadi lebih efisien.

\

Tujuan dari inovasi ini adalah untuk memproduksi hand sanitizer alami yang aman dan efektif. Meningkatkan manfaat nano kitosan sebagai antibakteri alami.  Menekan efek samping dari penggunaan hand sanitizer pada umumnya.

\

Metode pembuatan bio hand sanitizer diawali dari preparasi kitosan hasil produksi bersih yang food grade sebagai bahan dasar pembuatan nano kitosan. Pembuatan nano kitosan dilakukan dengan metode sizing dengan high speed homogenizer/stirrer, emulsifikasi, dan stabilisasi yang terangkum dalam teknik gelasi ionik yang akan menghasilkan ukuran partikel sangat kecil yang selanjutnya diformulasi menjadi hand sanitizer. Hand sanitizer yang dihasilkan dikarakterisasi secara fisika kimia, mikrobiologi dan bioassay (probandus). Analisis fisik dilakukan dengan PSA, SEM, dan FTIR. Analisis kimia meliputi proksimat, analisis mikrobiologi yaitu TPC, (Sweb test) dan uji bioassay yaitu uji dosis optimum dengan probandus dan uji efektivitas antibakteri terhadap E. coli, Staphylococcus, Salmonella dengan metode sumur/discpaper dengan mengukur diameter imhibisinya.


Keunggulan Teknologi

Aerosol Bio Hand Sanitizer menggunakan teknologi nano dalam memproduksi anti bakterinya, yaitu tehnik gelasi ionik yang dilengkapi dengan emulsifikasi dan stabilisasi sesudah sizing dengan tehnik high speed homogenizer. Tehnik sizing merupakan tehnik pemotongan polimer dengan kecepatan tinggi selama satu jam, maka kitosan yang sangat panjang/kompleks (2000-3000 monomer)  terdepolimerisasi menjadi lebih pendek (tehnik pengujian dengan PSA dan SEM). Kitosan yang sudah terdepolimerisasi di emulsifikasi dengan agen penurun tegangan permukaan yang  menyebabkan polimer pendek memanjang berubah menjadi speris. Selanjutnya supaya polimer speris menjadi stabil maka dilakukan stabilisasi dengan larutan encer garam,  Tehnik ini menghasilkan nano partikel kitosan  yang sangat kecil sehingga menjadi sangat cepat mobilitasnya, sangat reaktif, lebih tepat sasaran dan lebih efisien.

\

Teknik formulasi dipilih formula basis yaitu hanya dengan keenceran tertentu (diekstrapolasi dari hasil uji sweb) di stabilkan dan fortifikasi hanya dengan pewarna dan aroma natural, untuk menekan efek samping yang negatif.


Potensi Aplikasi

Bio Hand Sanitizer ini menggunakan teknik aerosol dalam pemakaiannya karena tehnik ini mempunyai beberapa kelebihan, yaitu lebih homogen, lebih cepat menyebar, lebih tepat dosis dan lebih praktis. Berbeda dengan metode tetes atau tuang, yang akan mengumpul pada setiap tetesannya sehingga butuh waktu lebih untuk meratakannya keseluruh permukaan telapak tangan. Kepraktisan model pemakaiannya merupakan salah satu factor kesukaan dan efisiensi, sehingga memungkinkan lebih dipilih oleh konsumen tingkat usia manapun.  

\

           Factor keamanan bio hand sanitizer sangat diutamakan, agar dapat diaplikasi diberbagai momen yang membutuhkan sanitasi individu ataupun peralatan, misalnya saat diluar rumah sedang piknik/jalan jalan, dikantor, tugas luar kota/perjalanan dan lain lain terutama saat akan makan atau memegang makanan. Disamping untuk pembersih tangan dapat pula digunakan membersihkan alat makan (sendok, garpuh, piring, mangkuk, gelas dll)  bahkan alat proses memasak di dapur ataupun di industri.

\

          Aplikasi lain adalah sebagai tissue basah untuk tangan, untuk bayi ( aman dan tanpa iritasi) dan untuk tissue steril galon aqua yang lebih aman dan halal.