• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Alat Pengontrol Infus Jarak Jauh


Abstrak

Temuan ini berupa produk alat kontrol infus eksternal yaitu alat yang dapat digunakan untuk mengontrol cairan infus dari jarak jauh. Alat ini dapat membantu menampilkan kondisi sebenarnya tetesan cairan infus yang diberikan pada pasien. Kondisi tersebut ditampilkan pada monitor komputer pada ruang perawat sehingga mudah untuk diamati. Ketika jumlah tetesan cairan berkurang dalam jumlah minimum maka menjadi peringatan atau petunjuk pada perawat agar botol infus segera diganti baru.

Deskripsi

Alat kontrol infus eksternal yang pernah dibuat sebelumnya merupakan alat kontrol infus yang digunakan untuk mengontrol volume cairan infus dari jarak jauh., sehingga dapat membantu perawat dalam mengatasi kondisi volume cairan infus. Secara khusus alat ini membantu mengurangi resiko ketidaknyamanan pasien karena kehabisan cairan infus akibat keterlambatan penggantian infus. Alat ini berfungsi ketika cairan infus memasuki volume 100 mL akan memberikan sinyal pada komputer sehingga komputer dapat memberikan informasi pada perawat agar melakukan penggantian infus. Informasi yang diberikan berupa tampilan pemberitahuan atau suara atau pencetakan laporan. Sistem alat akan menunggu pengulangan sampai infus pada pasien diganti oleh perawat.

\

Berbeda dari alat yang sudah ada sebelumnya, pada alat ini terdapat penambahan fungsi produk yang tidak hanya sekedar memantau volume cairan infus tetapi juga dapat memantau tetsan cairan infus. Tetesan cairan infus akan ditampilkan dalam monitor komputer secara realtime sehingga membantu pemantauan tetesan infus pada pasien. Alat infus eksternal ini dilengkapi dengan software yang diaplikasikan untuk sistem operasi windows XP dan dapat dikembangkan untuk jenis sistem operasi lain. Terhubung dengan hubungan sampai jarak  3.000 feet, cukup efektif untuk koneksi jarak jauh antara ruang pasien dan perawat. Satu alat dapat dihubungkan secara paralel dengan maksimal 16 unit pemantau botol infus, cocoki digunakan pada ruang rawat pasien kelas III, yang memiliki tempat tidar pasien lebih dari dua. Pemantau botol dirancang menggunakan tiang infus yang umum diguanakan dalam perlatan medis sehingga tidak diperlukan tambahan alat.


Keunggulan Teknologi

- Alat kontrol infus eksternal bekerja di luar botol dan tidak menginterupsi aliran cairan dan juga menghindari kemungkinan kontaminasi pada cairan infus.

\

- Alat kontrol infus ini dirancang menyesuaikan botol infus umum yang sering digunakan sehingga tidak diperlukan investasi besar.

\

- Dapat digunakan sampai 16 unit pemantauan botol infus dan akan dikembangkan sampai lebih dari 200 unit pemantauan untuk satu unit komputer.


Potensi Aplikasi

- Rumah Sakit

\

Puskesmas

\

Klinik