• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Alat Budidaya Rumput Laut Terproteksi yang Efektive dan Efisien


Abstrak

Alat Budidaya Rumput laut Terproteksi yang efektive dan efisien adalah alat budidaya rakit jaring yang dibuat dengan teknologi perancangan sederhana yang dapat melindungi rumput laut dari berbagai serangan hama dan kemunculan beberapa penyakit rumput laut. Alat ini dibuat dari bahan yang tahan dilaut dan rancangan yang sangat mudah dioperasikan di semua topografi dan kedalaman laut. Alat budidaya ini sangat mudah untuk di letakkan pada berbagai areal budidaya yang di inginkan.

Deskripsi

Permasalahan Budidaya Rumput laut.

\

Permasalahan utama yang muncul pada alat budidaya rumput laut longline dan rakit saat ini adalah tingginya intensitas penyerangan hama dan penyakit yang dapat menurunkan produksi rumput laut masyarakat sampai 40-50 % dari total produksi bulanan masyarakat.  Hama yang sangat intens menyerang rumput laut adalah hama ikan Siganus sp yang bergerombol banyak dan sangat menyukai rumput laut sebagai makanan utama.  Disamping itu juga banyaknya penempelan lumut dan crustacea yang cukup intens di beberapa tempat pemeliharaan dekat muara. Penyebab utama dari munculnya penyakit ice-ice adalah disain longline masyarakat serta rakit yang terlalu dekat dengan permukaan yang sangat rentan terhadap perubahan salinitas dan suhu sebagai pemacu utama kemunculan penyakit ice-ice.

\

Potensi Aplikasi dan Solusi Alat Budidaya Terproteksi

\

Penggunaan alat terproteksi menjadi solusi utama yang dapat melindungi rumput laut dari serangan hama sekaligus menurunkan potensi terkena penyakit.  Disain alat terprotensi terbukti dapat menghindarkan rumput laut dari serangan berbagai macam predator dan penempelan hama dan kemunculan penyakit. Alat budidaya terproteksi ini didisain dengan sangat sederhana dan kuat sehingga dapat diletakkan di semua bentuk topografi pantai.

\

Potensi aplikasi alat ini dapat menyesuaikan diri pada kondisi perairan dengan pola arus dan gelombang yang tidak teratur dilaut. Bahan yang tahan terhadap proses korosi dan tahan lama di laut merupakan kunci dari efektivitas alat ini. Disain sederhana yang dikembangkan dapat mempermudah masyarakat pembudidaya untuk meletakkan alat ini disemua level dan bentuk topografi laut.

\

Alat budidaya rumput laut ini dapat dikategorikan sebagai Rakit Jaring Sederhana yang merupakan alat budidaya rumput laut dengan bentuk persegi empat.  Tiap sisi terluar mempunyai panjang 4-6 meter. Kedalaman alat sekitar 30 - 40 cm.  Disain ini di tutupi dengan jaring multi filamen. Untuk memudahkan penyimpanan pada daerah yang di inginkan maka pada salah satu sisi alat dikaitkan dengan tali pemberat/jangkar utama yang akan menjaga alat untuk tetap berada pada lokasi yang di inginkan.  Pada tali pemberat utama di hubungkan dengan penanda pelampung tambahan yang dapat berfungsi sebagai penanda tali.  

\

Alat ini akan dapat meningkatkan produksi rumput laut masyarakat hingga 60 % dari total produksi masyarakat saat ini.

\

Satu-satunya kelemahan alat ini jika tidak dijaga dengan baik dapat mengundang pencurian alat dan atau rumput laut oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ini di karenakan rumput laut terhampar pada alat budidaya pada kedalaman yang mudah di jangkau.

\

Disain alat ini membutuhkan investasi awal yang lebih banyak dari alat budidaya longline, namun lebih tahan lama dari alat long line. Alat ini dapat digunakan berulang – ulang dengan ketahanan di atas 20 tahun. Masyarakat tinggal memperhatikan pola penggantian jaring secara periodik untuk menjaga ketahanan jaring dan menghambat kemunculan teritip dan organisma penempel lainnya.

\

Untuk areal budidaya yang sangat luas, alat ini dapat di disain bergandengan sehingga akan lebih efektif dengan pola pengait lepas yang di disain dengan baik.

\

Alat ini akan sangat prospektive untuk digunakan oleh masyarakat pembudidaya di Indonesia karena mudah dan tahannya alat ini dilaut. Murahnya alat dari segi ekonomi merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan oleh semua level budidaya masyarakat. Alat ini baru pertama dikembangkan di Indonesia dan peneliti sedang mengajukan disain alat ini untuk dipatenkan sehingga nantinya dapat dengan mudah digunakan masyarakat pesisir. Alat ini akan dapat di gunakan oleh semua petani rumput laut dengan mudah, Namun demikian jika nantinya alat ini di kembangkan oleh industri swasta maka sangat diperlukan persetujuan dari peneliti.


Keunggulan Teknologi

Keunggulan Teknologi Alat Budidaya Rumput Laut Terproteksi

\

Alat budidaya rumput laut ini merupakan solusi tepat dari bernagai permasalahan produksi rumput laut saat ini.  Alat ini di disain sangat sederhana sehingga dapat di operasikan pada semua kondisi perairan yang berbeda. Masyarakat pembudidaya tinggal menarik dan atau meletakkan alat ini pada areal budidaya yang telah di tentukan.  Pada masing- masing tempat telah di beri penanda dengan pelampung yang mudah di temukan dan di kaitkan dengan alat pengait tahan karat. Saat melakukan penebaran bibit, masyarakat tinggal menebar di atas alat yang ada dan di letakkan pada areal budidaya.  Dalam kurun waktu pemeliharaan, masyarakat tinggal melakukan upaya pembersihan dari penempelan yang pada di sisi-sisi yang potensi terpatap teritip atau organisma penempel. Pada saat melakukan pemanenan, pembudidaya tinggal menarik alat tersebut ke pinggir laut dan menggambil rumput laut yang telah siap di panen.

\

Alat ini terbuat dari bahan yang sangat tahan di laut namun demikian sangat mudah di perolah di pasaran dengan harga yang tidak terlalu mahal.  Alat ini dapat bertahan hingga 20 tahun lebih.

\

Untuk tetap menjaga ketahanan alat karena proses penempelan berbagai hewan laut makan perlu dilakukan pergantian jaring secara periodik sehingga ketahan jaring dapat terjaga dengan baik.

\

Alat budidaya ini terlihat sangat efektive dan efisien sehingga sangat potensil di gunakan secara luas oleh masyarakat.

\

Keunggulan alat ini dapat menghalangi serangan hama dan meminimalisasi kemunculan beberapa penyakit yang di akibatkan oleh perubahan kondisi lingkungan yang sangat umum dewasa ini seperti penyakit ice-ice yang merupakan musuh utama pembudidaya rumput laut.

\

Kurungan sederhana benar-benar melindungi rumput laut dan posisi kedalaman rumput laut akan sangat efektive menjaga rumput laut dari perubahan salinitas dan suhu yang merupakan penyebab utama munculnya penyakit ice-ice.

\

Alat ini dipercaya sangat prospektive bagi perkembangan industri rumput laut nasional.


Potensi Aplikasi

Potensi Aplikasi Alat

\

Alat ini akan mudah dioperasikan disemua level dan topografi laut yang ada di perairan pantai Indonesia.  Tidak diperlukan perlakuan khusus untuk menyesuaikan alat ini pada berbagai kondisi topografi.  Pembudidaya tinggal menyesuaikan panjang tali utama yang sekaligus sebagai tali pemberat utama dan atau tali pengait utama alat pada areal budidaya.

\

Alat budidaya terproteksi terbukti dapat melindungi rumput laut dari berbagai serangan hama dan penyakit.  Peneliti  akan terus berupaya untuk mengembangkan alat ini dalam hal ketahanan alat  terutama jaring dari berbagai intensitas penempelan berbagai organisma di perairan laut. Peneliti juga sementara mengembangkan konstruksi yang lebih sederhana lagi dari aspek peletakkan pemberat untuk memudahkan pengaturan jarak alat dengan permukaan laut pada areal tertentu.

\

Sangat diharapkan beberapa modifikasi untuk lebih menyempurnakan alat sehingga akan lebih memudahkan masyarakat dalam meningkatkan produksi rumput laut mereka.