• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Digester Portable Biogas (DePo BiMuT S-002) - Mudah, Murah dan Ramah Lingkungan - Sebuah Alternatif Kemandirian Energi Rumahan


Abstrak

Mayoritas sumber energi saat ini adalah energi tidak terbaharui sehingga energi menjadi sulit dan mahal. Karena itu pemanfaatan energi terbaharui dan ramah lingkungan adalah solusi tepat. Biogas yang berasal dari limbah peternakan merupakan energi yang terbaharui. Namun biaya produksi digester (alat produksi biogas) cukup mahal. Oleh karena itu kami menawarkan Digester Portable Biogas (DePo BiMuT S-002)-Mudah, Murah dan Ramah Lingkungan-Sebuah Alternatif Kemandirian Energi Rumahan.


Deskripsi

Deskripsi Lengkap

\

Digester Portable Biogas (DePo BiMuT S-002), - Merupakan temuan kedua dari inovasi teknologi biogas karya Komunitas geng Motor iMuT. Digester portable seri pertama (Depo BiMut S-001) hampir sama dengan digestar portable umumnya, yang memiliki banyak kelemahan. Namun pada Depo BiMut S-002 terdapat penyempurnaan pada  unsur rangkaiannya yaitu digester portable, pencampur ekstrak feces dengan sepeda statis yang juga menghasilkan listrik saat di kayuh, penyanggah statis, penampung gas dari drum dan ban dalam bekas, tabung pengendap serta kompor hemat biogas (kompor BiMuTy X-002).

\
    \
  1. \

    Sepeda Statis. - Sebelum dimasukkan ke dalam digester, feces dan sisa pakan ternak yang tercecer lebih dahulu diencerkan agar ukuran partikelnya menjadi kecil sehingga mudah dimasukkan ke dalam digester. Pada produk-produk digester sebelumnya proses pengenceran dilakukan secara manual oleh manusia, namun pada Depo BiMuT S-002 proses pengencerannya sudah menggunakan alat bantu.

    \

    Rangkaian Depo BiMuT S-002 dilengkapi dengan alat pengencer feces berupa sepeda statis. Sepeda statis akan ditempatkan sebelum drum digester. Penggunaan sepeda statis membuat proses pengenceran lebih klinis karena orang yang melakukan pengenceran tidak mengalami kontak langsung dengan feces. Keunikan dari sepeda statis ini adalah selain sebagai alat pencampur feces, juga dapat dimanfaatkan sebagai media olahraga yang dapat menghasilkan arus listrik (DC) dari tiap putaran pedal sepeda tersebut karena pedal sepeda statis dihubungkan dengan dinamo yang berfungsi mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

    \
  2. \
  3. \

    Digester. - Feces yang sudah diencerkan akan dimasukkan ke dalam digester untuk difermentasikan. Proses fermentasi tersebut akan menghasilkan gas metan (CH4). Digester yang diproduksi terbuat dari drum bekas. Drum bekas merupakan limbah padat yang tidak ramah lingkungan. Sehingga pemanfaatan drum bekas merupakan salah satu solusi penanganan sampah.

    \
  4. \
  5. \

    Penyanggah Statis & Penampung Gas. - Sebelum masuk ke kompor untuk dimanfaatkan, gas yang dihasilkan dari digester ditampung pada penampung gas. Volume gas yang ada dalam penampung akan terlihat secara empirik dari naik turunnya permukaan luar penampung gas tersebut. Namun naik turunnya permukaan alat penampung tersebut sering tidak serentak, akibatnya permukaan penampung gas mengalami kemiringan yang berdampak pada terjadinya kebocoran gas. Walaupun kebocoran gas ini tidak berbahaya karena biogas adalah gas renggang, namun gas yang telah dihasilkan akan terbuang percuma.

    \

    Pada Depo BiMuT S-002 rangkaiannya juga dilengkapi dengan penyangga statis. Keberadaan penyanggah statis yang berfungsi menyanggah penampung gas membuat naik turunnya permukaan penampung gas tidak mengalami kemiringan. Sehingga kebocoran gas dapat diminimalisir dan gas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

    \
  6. \
  7. \

    Tabung pengendap. - Proses fermentasi dalam digester menghasilkan menghasilkan gas metan yang akan dimanfaatkan untuk proses pembakaran. Namun gas yang dihasilkan masih bercampur dengan hidrogen (H2O), sehingga gas yang dihasilkan bukan merupakan gas metan murni. Oleh karenanya, pada rangkaian Depo BiMuT S-002 ditambahkan tabung pengendap. Fungsi dari tabung pengendap ini adalah untuk memisahkan hidrogen dari gas metan. Tabung pengendap akan ditempatkan di antara penampung gas dan kompor sehingga gas yang masuk ke kompor adalah benar-benar gas Metan murni.

    \
  8. \
  9. \

    Kompor BiMuTy X-002. - Gas yang berasal dari tabung pengendap akan masuk ke kompor dan dimanfaatkan untuk proses masak-memasak. Bahan pembuat kompor ini berasal dari benda-benda limbah/bekas bengkel yang tidak dimanfaatkan lagi. Jadi Depo BiMuT S-002 turut membantu memberi solusi penanganan sampah yang mengancam pencemaran lingkungan. Kompor BiMuTy X-002 sudah teruji dalam penghematan pemanfaatan biogas di banding kompor lain yang ada di pasaran.

    \
  10. \

Keunggulan Teknologi

Keunggulan Teknologi Yang Ditawarkan DePo BiMuT S-002

\
    \
  1. Mudah, - Rangkaiannya sangat sederhana, sangat mudah dikerjakan tanpa keahlian teknis dan proses pengerjaannya tidak lama serta mudah juga penggunaanya.
  2. \
  3. Murah, - alat dan bahan memanfaatkan sampah industri/barang bekas, pendanaannya jauh lebih murah.
  4. \
  5. Ramah Lingkungan, - karena selain alat dan bahan Depo BiMuT S-002 yang mayoritas dari limbah bengkel, bahan baku biogas juga memanfaatkan limbah peternakan, pertanian, limbah pabrik tahu tempe serta gulma semak bunga putih (Chromolena odorata) yang mewabah di NTT.
  6. \
  7. Multiguna, - Selain memproduksi energi terbarukan dalam bentuk biogas, pupuk organik (pupuk cair dan pupuk padat), juga menghasilkan listrik dari sepeda statis.
  8. \
  9. Inovatif, - Digester ini dapat selalu dikembangkan oleh semua orang sesuai dengan kebutuhanya.
  10. \
  11. Ekonomis, - dari sisi biaya produksi karena terbuat dari bahan-bahan bekas sehingga biaya produksinya rendah. Juga bernilai ekonomis karena menekan pengeluaran pemenuhan kebutuhan energi rumah tangga, dan dapat juga menghasilkan uang dengan menjual pupuk serta penghematan listrik PLN.
  12. \

Potensi Aplikasi

Potensi Aplikasi dari Inovasi

\
    \
  1. Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai daerah pertanian dan peternakan. Ini tantangan sekaligus potensi bagi aplikasi produk ini. Peternakan menghasilkan feces yang jika tidak dikelola maka akan menjadi salah satu sumber pemanasan global. Potensi karena feces yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif bagi pemenuhan energi rumah tangga, bahkan industri kecil serta pertanian.
  2. \
  3. Mayoritas sumber energi yang digunakan saat ini adalah energi yang tidak terbaharui. Akibatnya energi semakin langka dan mahal. Teknologi yang kami kembangkan ini adalah energi yang terbaharui sehingga tidak akan habis terpakai selama usaha peternakan masih berjalan.
  4. \
  5. Umumnya usaha peternakan sulit dikembangkan di daerah perkotaan karena alasan limbah yang sangat mengganggu. Dengan adanya DePo BiMuT S-002, maka peternakan di daerah perkotaan sangat mungkin untuk dikembangkan karena DePo BiMuT S-002 merupakan solusi penanganan limbah.
  6. \
\

Tahapan Pengembangan

\

Produk ini akan terus mengalami perubahan dan penyempurnaan menuju mimpi geng motor iMuT yaitu menciptakan digester yang tidak hanya menghasilkan gas untuk menggantikan minyak tanah, tetapi juga menghasilkan listrik bagi kebutuhan rumah tangga dan industri. Sehingga mimpi menciptakan masyarakat yang mandiri energi dapat terpenuhi.