• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pengembangan Kemasan Antimikrobial (AM) Untuk Memperpanjang Umur Simpan Produk Pangan


Abstrak

Penambahan bahan pengawet sintetik dalam kemasan antimikrobial (AM) telah banyak menimbulkan kekhawatiran akan efek samping. Untuk itu perlu diupayakan usaha-usaha untuk menggali potensi bahan pengawet yang diturunkan dari bahan-bahan alami agar produk terkemas aman untuk dikonsumsi. Kemasan antimikrobial (AM) adalah terobosan baru dalam bidang teknologi pengemasan. Teknik ini dilakukan dengan mengkorporasikan atau mengimobilisasi agen AM kedalam matrik bahan kemasan.

Deskripsi

Kemasan antimikrobial (AM) atau antimicrobial packaging adalah konsep inovatif yang menggabungkan bahan kemasan dan bahan anti mikroba dalam satu sistem. Bahan antimikrobal akan terlepas secara lambat dari kemasan ke produk dan menghambat pertumbuhan mikroba pembuat kerusakan seperti kapang, bakteri dan lain-lain.

\

 

\

Kemasan AM juga merupakan penyederhanaan proses manufaktur dengan menkorporasikan bahan kemasan dan agen AM dalam satu tahap. Walaupun kemasan ini telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini, namun demikian penerapan kemasan AM dalam skala komersial masih sangat jarang.

\

 

\

Dalam sistem ini, agen antimikroba ditambahkan dalam jumlah yang relatif sedikit dan hanya dilapiskan pada permukaan produk. Ketika berinteraksi dengan produk makanan, perlahan-lahan agen AM akan menekan pertumbuhan spektrum mikroba dan kapang pembusuk. Pengembangan AM berbahan dasar polisakarida yang ditambah dengan agen antimikrobial alami dari ekstrak rempah-rempah merupakan invensi yang memiliki potensi komersial. Kemasan AM dibuat dengan bahan dasar khitosan dan agar yang ditambah AM.


Keunggulan Teknologi

ü  Penggunaan bahan pengawet alami mempunyai kelebihan karena aman untuk dikonsumsi.

\

 ü  Kemasan AM, sebagai kemasan coating produk pangan, dapat menghambat pertumbuhan Escherichia coli, Salmonella typhimurium dan Staphylococcus aureus pada berbagai suhu pernyimpanan.


Potensi Aplikasi

berpotensi diterapkan di industri plastik dan pengemasan