• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Komposisi dan Aplikasi Biopestisida sebagai Proteksi Tanaman


Abstrak

Setelah bahan dan proses produksi biopestisida Bio-LC4 ditemukan dan aktivitas hambatan pertumbuhan senyawa aktifnya sangat kuat terhadap beberapa patogen tanaman dan patogen manusia, maka selanjutnya biopestida ini diterapkan ditanah sebagai penghambat pertumbuhan patogen/mengurangi serangat penyakit atau bakteri, mengurangi tingkat pengguguran daun, sehingga tanaman dapat bertahan hidup lebih lama dan tinggi tanaman pun tumbuh lebih baik dibandingkan dengan pestisida sintesis.

Deskripsi

Hasil penelitian tentang potensi Lentinus spesies tropis asal Indonesia sebagai sumber senyawa antimikrob yang diujikan terhadap beberapa isolat menunjukkan bahwa semua isolat tersebut mampu menghasilkan senyawa antimikrob yang dapat diisolasi dari tubuh buah, miselium atau filtrat kulturnya. Kemudian diketahui juga bahwa senyawa aktif yang diperoleh dari ekstrak miselium Lentinus isolat LC4 memiliki aktivitas yang sangat kuat dalam menghambat pertumbuhan patogen tanaman kedelai dan aktif terhadap empat galur Echerichia coli enteropatogenik yang menyebabkan diare pada manusia.

\

 

\

selain itu, Lentinus ternyata berpotensi menghasilkan berbagai macam metabolit yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan dan industri.

\

 

\

Penggunaan senyawa antimikrob dalam pengendalian penyakit tanaman memberikan beberapa keuntungan, seperti kelebihan senyawa antimikrob yang dikatakan tidak menyebabkan polusi dan biodegradable.

\

 

\

Semua isolate Lentinus spesies tropis asal Indonesia yang ditemukan bersifat lignoletik. Oleh karena itu, Lentinus sebagai inokulum dapat digunakan langsung di lapangan untuk mengendalikan patogen penyakit akar atau dapat memusnahkan sisa-sisa kayu yang merupakan sumber infeksi. Selain menghasilkan senyawa aktif yang anti-Rigidoporus lignosus juga dapat digunakan untuk tujuan dari keunggulan invensi ini.

\

 


Keunggulan Teknologi

    \
  1. Biopestisida Bio-LC4 mempunyai aktivitas dengan spektrum luas baik terhadap bakteri maupun fungsi patogen tanaman sehingga mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi daripada hanya mempunyai spektrum aktivitas sempit
  2. \
  3. Biopestisida Bio-LC4 adalah pestisida berbahan asal hayati yang diharapkan dapat sebagai salah satu  alternatif pengganti atau pengurangan penggunaan pestisida asal kimia yang umumnya mempunyai dampak negatif terhadap lingkungan
  4. \
  5. Biopestisida Bio-LC4 sebagai hasil pengembangan IPTEK sangat menunjang pertanian organik yang akhir-akhir ini menjadi perhatian masyarakat
  6. \
  7. Biopestisida Bio-LC4 diharapkan dapat mengurangi pengeluaran untuk pembelian pestisida kimia yang umumnya lebih mahal karena sebagian besar diimpor, sehingga dapat membangun industry penunjang pertanian.
  8. \
  9. Biopestisida Bio-LC4 merupakan inovasi genuine, original, dengan teknologi tepat guna/teradopsi
  10. \
  11. Bahan baku Biopestisida Bio-LC4 relatif murah
  12. \
  13. Proses produksi Biopestisida Bio-LC4 relatif sederhana dengan alat yang tersedia di pasaran
  14. \
  15. Perkebunan, terutama perkebunan akasia berpeluang menjadi pasar dari Biopestisida Bio-LC4.
  16. \
  17. Produk yang berkualitas berpotensi sebagai sumber pendapatan.
  18. \
  19. Menghambat pertumbuhan patogen / mengurangi serangat penyakit atau bakteri
  20. \
  21. mengurangi tingkat pengguguran daun
  22. \
  23. tanaman dapat bertahan hidup lebih lama
  24. \
  25. tinggi tanaman tumbuh lebih baik dibandingkan dengan pestisida sintesis
  26. \

Potensi Aplikasi

Berpotensi untuk diaplikasikan di industri kimia