• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Mobil Hybrid LIPI


Abstrak

Mobil Hybrid LIPI adalah mobil yang menggunakan listrik \ sebagai penggerak mekaniknya dan menggunakan bensin sebagai komponen pengisi energi di baterai. Mobil ini sangat efisien dan cocok untuk urban yang membutuhkan mobil compact dan hemat energi

Deskripsi

Berlatar belakang belum adanya teknologi 100% buatan nasional yang mampu dimanfaatkan secara berkesinambungan dalam hal transportasi yang hemat energi, LIPI mencoba menjawabnya dengan membuat Mobil Hybrid LIPI. Mobil ini seperti layaknya mobil biasa, dikendarai seperti mobil biasa, namun mobil ini hemat energi. Dengan menggunakan tangki berkapasitas 160cc mobil ini mampu mencapai jarak tempuh 70-80 km. Rahasianya ada pada konstruksi dan mekanisasi mobil. Bensin yang ada ditransformasikan menjadi listrik yang digunakan bukan untuk menjalankan roda mobil namun digunakan untuk meng-charge listrik. Jadi mobil 100% digerakkan oleh listrik yang disimpan dalam baterai pendukung. Dengan demikian ketika listrik dalam baterai sudah penuh secara otomatis mobil pintar ini akan menghentikan aliran bensin. Namun ketika listrik tidak mampu menjalankan fungsi mekanik mobil, misalnya ketika mobil menempuh jalur yang menanjak, maka secara otomatis pula bensin akan menggantikan peran listrik dalam menjalankan mobil.


Keunggulan Teknologi

Prototipe mobil hybrid pertama yang di buat di Indonesia yang sudah diujicobakan di jalanan dan tanjakan. Mobil ini mampu disebandingkan dengan mobil buatan luar negeri dalam kemampuan dan fitur standar mobil. Dengan pengembangan industri yang lebih besar, mobil Hybrid LIPI dipastikan mampu menjawab pertanyaan masyarakat mengenai terpuruknya industri mobil nasional.

\

 


Potensi Aplikasi

pengembangan industri mobil nasional

\