• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Preparasi Radiofarmaka I-131(MIBG) untuk Diagnosa dan Terapi Penyakit Kanker Neuroblastoma


Abstrak

Neuroblastoma adalah kanker ganas yang sering terjadi pada bayi dan anak-anak . I-131(MIBG) atau meta-Iodobenzilguanidin adalah obat injeksi yang mengandung radioaktif Iodium -131, yang sangat selektif dan spesifik digunakan untuk diagnosa dan pengobatan radioterapi kanker neuroblastoma. Pengembangan untuk preparasi radiofarmaka I-131( MIBG ) sampai pada tahap uji klinis untuk pemeriksaan terhadap 10 pasien telah di lakukan di Rumah Sakit di Jakarta dengan hasil pencitraan yang sangat bagus. \ \

Deskripsi

Neuroblastoma adalah salah satu jenis tumor ganas yang sering terjadi pada bayi dan anak-anak , sebagian besar berasal dari organ medula adrenal sehingga sangat mempengaruhi fungsi kelenjar adrenal dalam menghasilkan hormon penting seperti adrenalin di dalam tubuh , beberapa kasus neuroblastoma telah ditemui di Indonesia.

\

Meta-Iodobenzilguanidin (MIBG) adalah senyawa obat yang memiliki kemiripan struktur kimia dengan noradrenalin sehingga akan selektif dan spesifik terakumulasi di dalam kelenjar adrenal dan tumor seperti neuroblastoma dan pheochromocytoma ,sehingga apabila ditandai dengan radioisotop Iodium-131 akan dapat digunakan untuk diagnosa maupun pengobatan radioterapi jenis kanker tersebut.

\

Pemeriksaan dengan radiofarmaka I-131(MIBG) dapat digunakan untuk mengetahui lokasi kanker neuroblastoma serta sebaran metastasisnya sehingga sangat membantu dalam tindakan tatalaksana pengobatannya .

\

Pengembangan untuk preparasi radiofarmaka I-131( MIBG ) telah dilakukan mencakup sintesa bahan kimia MIBG , teknik penandaan dengan radioisotop Iodium 131 , penentuan kemurnian radiokimia I-131( MIBG ) ,uji pra-klinis  serta uji coba klinis. Uji coba klinis untuk tujuan diagnosa telah di lakukan di salah satu Rumah Sakit di Jakarta dengan volunter 10 pasien Neuroblastoma sebagai model setelah mendapatkan persetujuan dari komite etik dengan hasil gambar pencitraan yang bagus .

\

 


Keunggulan Teknologi

Untuk tujuan diagnosa : Radiofarmaka I-131( MIBG ) mempunyai keunggulan lebih spesifik dan sensitif dibandingkan modalitas lain seperti CT scan , MRI dalam menentukan lokasi dan batas sebaran dari tumor/kanker neuroblastoma yang akan menentukan stadium serta  tindakan untuk pengobatannya .

\

Untuk tujuan radioterapi :lebih unggul dibanding kemoterapi karena  Radiofarmaka I-131( MIBG ) akan tertuju pada kanker neuroblastoma dan radiosotop Iodium-131 akan membunuh sel-sel kanker .


Potensi Aplikasi

Radiofarmaka I-131( MIBG ) dapat diaplikasikan pada Rumah Sakit yang memiliki fasilitas kamera Gamma dan akan meningkatkan standar pelayanan terutama dalam diagnosa ” MIBG scan ” dan radioterapi kanker neuroblastoma dan pheochromocytoma.

\

 

\