• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Real Time 3D animasi pesawat


Abstrak

Animasi gerak pesawat secara real time dalam format tiga dimensi, sehingga pilot bisa melihat secara utuh gerak dari pesawat meliputi gerakan heading, pitch, roll, speed, altitude, dan parameter lain. Animasi ini ditampilkan di ruang cokcpit. Data data dari sensor di pesawat di baca oleh komputer kemudian dianimasikan secara real time. Animasi dikirim ke ground, sehingga perjalanan pesawat bisa dipantau secara real time. Sistem ini bisa menjadi alternatif black box.

Deskripsi

Keselamatan penerbangan menjadi isu yang krusial bagi bangsa Indonesia. Faktor yang penting dalam menjamin keselamatan penerbangan selain pemeliharaan juga faktor manusia sebagai operator. Bahkan sebagian besar kejadian kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia. Dalam kasus Adam Air, diketahui bahwa pilot tidak menyadari posisi pesawat sudah dalam keadaan posisi roll ekstrim sehingga terlambat untuk melakukan recovery. Sesungguhnya sistem avionics telah dibuat sempurna sesuai aturan FAA dan ICAO untuk menjamin keselamatan penerbangan. Sistem 3D animasi real time ini ditujukan sebagai peralatan tambahan dan diposisikan sebagai advisory dari sistem peralatan avionics yang telah tersedia.

 

Animasi 3D ini menyediakan informasi kondisi pesawat yang menyeluruh karena menyatukan parameter parameter penerbangan menjadi satu bentuk informasi yang utuh dan impresif. Dengan 3D animasi ini pilot yang selama ini hanya melihat lingkungan di luar pesawat, sedangkan informasi di cokcpit hanya tersedia dalam angka dan gambar 2D, akan dapat melihat secara utuh pesawatnya . Seakan akan ada kamera dari pesawat lain yang mengambil gambar pesawatnya dan ditampilkan di ruang cokcpit.

 

Selain itu, dengan teknologi satelit atau saluran komunikasi data lainnya, data data dari pesawat akan ditransmit ke ground secara real time sejak pesawat take off sampai landing. Kemudian data data tersebut akan dianimasikan sehingga perjalanan pesawat bisa dipantau dari ground. Pemanfaatan data real time ini akan sangat luas. Diharapkan dengan sistem ini, setiap perjalanan pesawat dalam menempuh rutenya dapat dipantau oleh siapapun, misalnya melalui monitor di bandara atau bahkan lewat internet.

 

Data data penerbangan yang dikirim ke ground yang  telah dianimasikan  kemudian  disimpan sebagai back up  dari  black box.  Sehingga apabila sebuah  pesawat mengalami kecelakaan dan blakboxnya sulit ditemukan, ada  cadangan data bahkan dalam bentuk animasi  sehingga segera mudah di interpretasikan.

 

Animasi 3D ini juga bisa di gunakan sebagai tool untuk menganalisa pembacaan data penerbangan dari blackbox. Dengan 3D animasi, investigasi kecelakaan pesawat bisa dilaksanakan dalam waktu cepat dalam pengambilan kesimpulan penyebab kejadian. Selama ini data yang di donwload dari Blackbox baru ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik.

 

Pengusul telah bekerja sejak 1993 sampai dengan 2008 sebagai avionics engineer di PT Dirgantara Indonesia. Bidang keahlian khusus pengusul adalah di bidang navigasi dan mission. Pengusul  bekerjasama  dengan  ahli animasi 3D dan ahli sofware programming dari STMIK AMIKOM Yogyakarta.


Keunggulan Teknologi

Dalam sistem avionics yang ada sekarang, data dari sensor sensor seperti speed, altitude, attitude, dan heading diolah dan ditampilkan sebagai informasi dalam format numerik, simbol 2D, suara atau getaran. Inovasi ini menambahkan olahan data penerbangan dalam format 3D dan pengiriman data penerbangan ke ground, sehingga perjalanan setiap pesawat bisa dipantau baik oleh maskapai, masyarakat luas maupun departemen perhubungan juga sebagai alternatif blackbox. Inovasi ini akan memecahkan solusi daam kasus tidak ditemukan atau sulitnya menemukan kotak hitam. Format 3D akan menambah tingkat keselamatan penerbangan sehingga setiap maskapai dan penumpang, dan secara nasional akan mendapat keuntungan yang besar.

Pengolahan data penerbangan menjadi 3D animasi hanya membutuhan peralatan pembacaan data digital dari sensor penerbangan, kemudian data tersebut diproses di komputer dengan software 3D animasi seperti Delphi dan software animasi lainnya. Untuk mengadopsi sistem ini hanya diperlukan pengetahuan dasar digital, software 3D animasi, pengetahuan umum tentang pesawat, data data penerbangan, standar aturan penerbangan dan instalasi peralatan di pesawat.


Potensi Aplikasi

Aplikasi ini ditujukan untuk diaplikasikan di pesawat sipil dan militer. Namun pada dasarnya bisa diaplikasikan di semua jenis alat transportasi seperti mobil, kereta api, tank, kapal selam, kapal laut. Aplikasi lebih luas lagi berdasarkan prinsip mengolah data sensor menjadi animasi 3D, dapat juga untuk dipakai di dunia industri seperti perminyakan, pertambangan dan industri lainnya