• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

WeiQi: Jamur Bumbu dan Makanan Siap Saji

WeiQi: Produk Jamur Cepat Saji Penambah Cita Rasa Makanan

Deskripsi Singkat


Makanan Indonesia terkenal akan cita rasanya yang tinggi dan banyak ragamnya, berkat ragam rempah dan bumbu yang dapat ditemukan di Indonesia. Jamur memiliki aroma yang khas, digunakan sebagai sayuran yang ditambahkan ke dalam masakan dan menjadi salah satu pangan yang diminati masyarakat Indonesia.

WeiQi adalah tepung jamur beraroma unik dan instan yang dapat digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan dan menjadikannya lebih enak. WeiQi dapat disajikan dengan dicampur air atau kaldu dan dipanaskan. Selain itu WeiQi juga bisa ditambahkan ke berbagai jenis masakan sebagai bumbu penyedap cita rasa dan dibuat saus atau sup. Kandungan serat/fiber pada WeiQi cukup baik yaitu 3,2 g, melebih setengah mangkok bayam (2,2 g) atau setara dengan 1 buah apel apabila dimakan dengan kulitnya.

WeiQi: Instant Food and Seasoning Mushroom

 

Short Description


WeiQi is an instant seasoning powder based from mushroom and also served as soup and sauce. It offerss unique mushroom powder flavour and is very practical to use.

Besides being a flavor enhancer, WeiQi contains 3.2 g fiber per serving; exceeds the content of half bowl of spinach (2.2 g) or equals to an apple eaten with the skin. WeiQi is the alternative solution for people who do not use MSG for flavour enhancer.


Perspektif

Eksplorasi dan pengembangan inovasi di bidang pangan perlu juga memperhatikan peningkatan cita rasa menggunakan bahan-bahan alami, seperti jamur yang memiliki cita rasa yang khas. Penggunaan teknologi yang tepat membuat WeiQi menjadi instan dan praktis

Keunggulan Inovasi:

  • Tepung jamur beraroma, tidak pahit dan larut
  • Semua gizi dan komponen bioaktif yang terkandung di dalam sel jamur akan terisolasi
  • WeiQi dapat dibuat menjadi berbagai macam menu makanan, seperti sup dan saus
  • WeiQi mudah dibuat, cepat, dan siap saji, dapat dimodifikasi menjadi menu lain, tanpa pengawet dan penyedap sintetis tapi awet lebih dari 1 tahun dan harganya murah

Potensi Aplikasi:

Industri Makanan


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Lisdar A. Manaf

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Gedung AHN Lt. 5, Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi