• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Turunkan Kolesterol untuk Jantung Sehat

Kombinasi Ektrak Jati Belanda dan Temulawak sebagai Antihiperlipidemia

Deskripsi Singkat


Jumlah penderita penyakit hiperlipidemia terus meningkat dari tahun ke tahun di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hiperlipidemiaterjadi akibat tingginya kadar lemak dalam darah. Kondisi ini menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, stroke dan jantung koroner.

Kombinasi ekstrak daun jati Belanda ( Guazuma ulmifolia) dan temulawak ( Curcuma xanthorrhiza) sebagai antihiperlipidemia dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida dengan mekanisme ganda yaitu menghambat absorpsi lemak disaluran cerna dan menghambat sintesis kolesterol dihati.

Kombinasi ini dapat dikembangkan menjadi herbal yang berharga, terjangkau serta relatif aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan obat sintesis.

Lowering Cholesterol for Healthy Heart

 

Short Description


Hyperlipidemia is an elevation of lipids in the bloodstream. This condition become cardiovascular disease risk factors, such as hypertension, stroke and coronary heart disease.

The combination of Guazuma ulmifolia and Curcuma xanthorrhiza extracts can be developed into herbal antihyperlipidemic medicine to inhibit both fats absorption in the GI tract and cholesterol synthesis in the liver.


Perspektif

Obat-obatan penurun kadar lemak dari bahan alami lebih aman dan relatif terjangkau untuk menurunkan kolesterol sekaligus menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Keunggulan Inovasi:

  • Bahan baku mudah ditemukan di dalam negeri
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol serta mencegah kemungkinan terjadinya risiko penyakit kardiovaskular
  • Lebih aman dan relatif terjangkau dibandingkan dengan obat sintetis

Potensi Aplikasi:

Dapat diaplikasikan dalam bidang kesehatan dan dikembangkan sebagai obat herbal untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Produksi obat ini juga dapat meningkatkan penghasilan petani Temulawak dan Jati Belanda


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar

Institusi

Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung

Alamat

Jl. Ganesha 10, Bandung 40132

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi