• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Tiga Anak dari Citronella

Rekayasa Proses Isolasi Sitronelal, Sitronelol dan Geraniol dari Minyak Sereh Wangi dan Aplikasinya dalam Pembuatan Produk Pangan, Kosmetik dan Obat-Obatan

Deskripsi Singkat


Minyak sereh wangi banyak diproduksi di Indonesia dan sebagian besar diekspor sebagai minyak atsiri kasar. Padahal minyak sereh wangi mengandung bahan kimia untuk industri parfum, kosmetik dan farmasi yang bernilai tinggi yaitu citronellal, citronellol dan geraniol.

Inovasi ini adalah untuk mengembangkan proses pengolahan untuk menghasilkan ketiga bahan tersebut di atas dari minyak sereh wangi kasar, dengan kombinasi proses distilasi fraksinasi vakum dan distilasi molekuler. Proses yang dikembangkan telah memenuhi standar SNI 066-3953-1995. Rendemen produk tertinggi yang bisa didapatkan adalah 32,77%.

Three Children of Citronella

 

Short Description


Indonesia is one of Citronella Oil main producers in the world yet export it mainly as crude essential oils only. This oil can be further processed into high valued perfumery chemicals known as the citronellal, citronellol and geraniol. Those are used by perfumery, cosmetic and flavouring industries throughout the world.

The process developed in this innovation can produce those three perfumery chemicals, through a combination of vacuum fractionation and molecular distillations technologies. At the laboratory scale, the process maximum yield is 32.77% and has met SNI 066-3953-1995 standard.


Perspektif

Indonesia adalah satu dari dua pemasok minyak sereh wangi terbesar di dunia; yang jika berhasil untuk mengolahnya sendiri menjadi citronellal, citronellol dan geraniol; berpeluang menjadi salah satu pengharum dunia yang terkemuka; bukan hanya wanginya, tetapi juga manfaat ekonominya.

Keunggulan Inovasi:

  • Bahan baku minyak sereh wangi tersedia cukup melimpah dari komoditas ekspor yang ada
  • Berpeluang menjadi produsen kelas dunia, karena menguasai sumber bahan bakunya


  • Membantu mempertahankan harga komoditas minyak sereh wangi, sebagai komoditas ekspor andalan Indonesia.


Potensi Aplikasi:

Citronellal, citronellol dan geraniol telah secara luas digunakan di berbagai industri kosmetik, pangan, dan flavour di seluruh dunia.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Meika Syahbana Rusli, M.S; Prof. Dr. Ir. Ani Suryani, DEA; Dr. Ir. Retno Sri Endah Lestari, M.Sc

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi