• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Terapis Berkoumiss untuk Tuberkulosis

Aplikasi Yoghurt dan Koumiss Susu Kambing Probiotik dengan Penambahan Ekstrak Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa) sebagai Pangan Terapis bagi Penderita Tuberkulosis Paru

Deskripsi Singkat


Koumiss, susu kuda yang fermentasi dari Rusia dikenal sebagai minuman terapis penyakit Tuberkulosis (TB), karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri pathogen Mycobacterium tuberculosis. Rosella (Hibiscus sabdariffa L), juga menunjukkan manfaat untuk pengobatan beberapa penyakit termasuk TB. Kombinasi keduanya mengefektifkan pengobatan TB karena dapat merangsang imunitas, sekalipun tidak dimaksudkan untuk menggantikan pengobatan TB secara medis.

Koumiss pada inovasi ini dibuat dari susu kambing menggantikan susu kuda, dan ternyata memberikan khasiat yang tidak berbeda. Formula Koumiss dan Rosella ini juga memiliki aktivitas antioksidan; sehingga dapat ditawarkan secara luas sebagai pangan kesehatan yang aman, serta praktis dalam pengkonsumsian.

Koumiss Formula for Tuberculosis

 

Short Description


Koumiss from fermented mare's milk, known in Russia as a treatment against tuberculosis (TB). Koumiss has benefits as health food because it inhibits the growth of pathogenic bacteria including Mycobacterium Tuberculosis.

Koumiss youghurt combined with extracts of Rosella (Hibiscus sabdariffa L) can be given to TB patients as food supplement to improve the body immune system, that in turn will support TB therapy. Due to limited supply of mares milk, it is replaced with goat milk without any loss of efficacy.


Perspektif

Inovasi prospektif di era global ini perlu mengedepankan kearifan-kearifan lokal dari berbagai belahan dunia untuk maksud dan tujuan serupa agar menjadi global. Inovasi mempertemukan Koumiss dari Russia dengan herbal Rosella dari Indonesia, untuk secara bersama memerangi TB yang menjadi masalah kesehatan di mana-mana.

Keunggulan Inovasi:

  • Meningkatkan nilai tambah susu kambing sebagai pangan kesehatan dengan adanya penambahan Rosella (Hibiscus sabdariffa L)
  • Produk pangan terapis pendamping dalam pengobatan TB, untuk menjaga keseimbangan mikloflora usus pada pasien TB yang mengkonsumsi antibiotik dosis tinggi
  • Meningkatkan citarasa susu kambing, agar lebih menarik untuk dikonsumsi.


Potensi Aplikasi:

Berpotensi untuk diproduksi di industri pangan kesehatan, maupun farmasi sebagai suplemen terapi Tuberkulosis.


Innovator:

Tim Inovasi

Ria Putri Rahmadani; Roseno; Dewi Elfrida; Een Nuraeni; Irma Isnafia Arief

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi