• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Teh Jawa Bersoda Anti-Diabetes

Minuman Bubuk Tradisional Antihiperglikemik Berbasis Kumis Kucing yang Nikmat

Deskripsi Singkat


Teh Jawa Bersoda adalah minuman serbuk effervescent yang dibuat dari ramuan berbagai rempah (Secang, Jeruk Purut, Jeruk Nipis, Jahe dan Temulawak) dan herbal berbasis Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus). Minuman tradisional ini diformulasi untuk mendapatkan aktivitas anti-hiperglikemik (kelebihan glukosa darah) yang biasa terdapat pada pasien diabetes.

Minuman memiliki warna dan citarasa yang disukai baik rasa, aroma maupun mouthfeel nya yang bersaing dengan produk effervescent herbal komersial. Produk ini salah satu minuman rekomendasi untuk pasien diabetes, mengingat angka penderita diabetes sangat tinggi di dunia.

Anti-Diabetes Java Tea Carbonated

 

Short Description


Carbonated Java Tea is an effervescent powdered based beverage. It is a mixture of various herbs spices (Cup, Lime, Lemon, Ginger and Turmeric) and herbal-based 'Kumis Kucing' (Orthosiphon aristatus). it is formulated to obtain the anti-hyperglycemic function, common in patients with diabetes.

The color, taste, flavor, and mouthfeel is likeable, compete-able with other commercial herbal-effervescent.


Perspektif

Pemanfaatan kekayaan hayati dengan formulasi yang disukai akan meningkatkan minat dan keinginan beli konsumen, ditambah lagi produk ini dikemas secara modern dan mampu mencegah masalah kesehatan diabetes.

Keunggulan Inovasi:

  • Minuman fungsional yang mampu mencegah diabetes dengan aktivitas antihiperglikemik (menurunkan glukosa darah)
  • Produk berbentuk serbuk minuman effervescent yang dapat dikemas dalam kemasan sachet sekali minum yang memudahkan penggunaan dan memiliki stabilitas yang baik
  • Meningkatkan pengembangan pangan fungsional yang lebih modern dengan tanaman lokal
  • Ketersediaan bahan baku melimpah dan mudah dalam dibudidayakan di Indonesia.


Potensi Aplikasi:

Bisa diaplikasikan pada perusahaan herbal modern yang ingin mengemas obat tradisional secara modern dengan citarasa yang enak dan segar.


Innovator:

Tim Inovasi

Susi Indariani, STP., MSi; Frendy Ahmad Afandi, STP; Elok Waziiroh, STP, M.Si; Yunita Siti Mardhiyyah, STP; Septariawulan Kusumasari, STP; Prof. Dr. C. Hanny Wijaya

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi