• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Tak Perlu Pencet-Pencet

Indikator Pendeteksi kematangan Buah

Deskripsi Singkat


Indikator kematangan merupakan inovasi dalam teknologi pengemasan khususnya kemasan cerdas. Indikator ini berbentuk tablet yang direkatkan pada permukaan dalam kemasan. Indikator ini akan mengalami perubahan warna yang dapat dilihat dengan jelas seiring dengan kematangan buah. Seperti diketahui, kematangan buah akan meningkat seiring bertambahnya produksi gas etilen pada buah. Etilen adalah senyawa tidak berbau, gas ini akan ditangkap/diserap oleh suatu matriks yang sudah ditambahkan zat kimia sensitif gas etilen. Zat kimia ini akan mereduksi gas etilen dan merubah warnanya dari suatu warna menjadi warna lain. 

Salah satu komponen sensitif etilen adalah amonium molibdat (NH4) 6MO7O24) dan dapat digunakan sebagai indikator keberadaan gas etilen pada suatu ruangan kemasan. Amonium molibdat ini mempunyai memiliki kepekaan tinggi terhadap gas etilen dan ketika beraksi dengan etilen, ammonium molibdat akan berubah warna dari kuning menjadi biru. Amonium berbetuk kristal dan larut pada hidrogen peroksida (H2O2). Untuk memfasiltasi reaksi antara amonium molibdat dan gas etilen, diperlukan sebuah media (tempat terjadinya reaksi) dan pada produk inovasi indikator kematangan ini digunakan nano zeolit. Zeolit mempunyai banyak pori dan dapat digunakan sebagai penyerap gas etilen yang baik. Nano zeolit sebagai matriks indikator warna dicampurkan dengan amonium molibdat, dan gas etilen yang terjerap di dalam pori zeolit akan beraksi dengan amonium yang terlihat denga perubahan warna zeolit. Bubuk indikator dicetak dalam bentuk tablet/pil dan disematkan pada permukaan kemasan plastik. Makin banyak gas etilen yang akan diproduksi oleh buah maka akan semakin banyak gas etilen yang terjerap dan semakin nyata perubahan warna tablet sehingga dapat dilihat dengan mata dari kuning menjadi hijau dan akhirnya berwarna biru. Ketika warna biru tercapai artinya buah telah kelewat matang. Warna biru ini bersifat konstan dan tidak berubah lagi. 

Pada hasil percobaan dilaboratorium, warna tablet indikator berubah seiring meningkatnya pematangan buah. Pada hari ke-0 ketika buah masih mengkal, label berwarna kuning transparan. Pada hari ke-4 ketika buah seutuhnya matang, warna label yang semula berwarna kuning berubah menjadi biru. Pada hari ke-5 warna label berubah menjadi hijau. Warna hijau tersebut tidak berubah lagi hingga buah sudah rusak pada hari ke-9
.

Ripeness for Sure

 

Short Description


-


Perspektif

-


Keunggulan Inovasi:

Keunggulan teknologi label indikator adalah kemasan produk dapat berkomunikasi dengan konsumen, dengan andanya indikator pada kemasan maka kualitas produk dalam kemasan dapat dideteksi dan direkam dan kemudian diinformasikan kepada pengguna. Tingkat kematangan buah dapat dinformasikan secara cepat, tepat waktu dan valid. Tingkat kematangan buah khususnya untuk buah buah yang tidak mengalami perubahan warna kulit akan mudah dideteksi dari perubahan warna indikator yang disematkan pada kemasan buah. Dengan demikian buah pada rak pajangan terhindar dari kerusakan akibat dari kesalahan praktek oleh konsumen untuk mendeteksi kematangan seperti ditekan, ditusuk maupun dilukai.


Potensi Aplikasi:

Aplikasi komersial indikator kematangan sangat terbuka lebar dengan banyaknya fresh market atau retail yang menyediakan aneka buah-buahan segar. Selama ini kematangan buah hanya diperkirakan secara manual, misalnya melihat kulit, kelunakan, rasa dan perubahan fisik lainnya. Dengan demikian aplikasi inovasi ini di dunia industri retail akan sangat dibutuhkan.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Endang Warsiki, S.TP., MSi, Prof. Dr. Ir. Khaswar Syamsu, MSc, Dr. Chananpat Rardniyom, Dr. Ade Iskandar, Vivin Jenika Putri, Alberto Berchmans Perangin-angin

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Dept. TIN FATETA, Gd. Fateta Lt. 2 Kampus IPB Darmaga, Bogor, 16680

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi