• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Susu Penyembuh untuk Si Anak Sapi

Produksi Kolostrum Anti Enteropatogen Spesifik untuk Imunoterapi Pasif Guna Mencegah Kematian Neonatal Akibat Diare

Deskripsi Singkat


Kematian pada anak sapi yang baru lahir merupakan permasalahan bagi para peternak sapi. Salah satu penyebab kematuan adalah penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri Enterotoxigenic Escherichia coli(ETEC). Selama ini peternak menggunakan antibiotik, namun penggunaan antiobiotik sudah menunjukan tingkat resistensi yang cukup tinggi.

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan imunisasi pasif. Anak sapi dapat diberikan imunisasi berupa kolostrum yang dihasilkan oleh induk sapi. Pemanfaatan kolostrum sebagai pabrik biologis antibodi (IgG) sangat mungkin dilakukan karena IgG atau zat kebal terhadap berbagai penyakit yang terdapat di dalam darah induk mudah ditransfer secara efektif ke dalam kolostrum dengan konsentrasi yang sangat tinggi.

Healing Milk for the Calf

 

Short Description


Deaths on new born calves due to diarrhea caused by bacteria. Enterotoxigenic E. Coli is a serious problem for cattle farmers. Antibiotics usage is less effective now and show a high level of resistance.

Passive immunization through bovine colostrum is develop, by introducing E. coli to healthy and expecting cows. Antibody will be developed, which after giving birth, will be transferred to the new calves through colostrum consumption.


Perspektif

Kekebalan alami dari induk hasil vaksinasi bisa diturunkan ke anak sapi melaluio kolostrum (susu produksi awal setelah kelahiran) yang dihasilkan induknya, jauh lebih efektif daripada pencegahan menggunakan antibiotik atau pengobatan.

Keunggulan Inovasi:

  • Sebagai sumber immunoglobulinalami, kolostrum sapi dapat digunakan untuk mengatasi kematian neonatal akibat diare oleh colibacillosis.
  • Memanfaatkan kolostrum sapi menjadi produk bernilai tambah tinggi yang dapat dikembangkan sebagai penyedia immunoglobulin.
  • Vaksinasi tidak menyebabkan efek samping negatif.
  • Antibodi Escherichia coli K-99(ETEC K-99) dapat diproduksi melalui kolostrum sapi perah.
  • ETEC K-99 dapat dimanfaatkan sebagai salah satu solusi penanggulangan colibacillosis


Potensi Aplikasi:

Produksi kolostrum anti enteropatogen spesifik untuk imunoterapi pasif guna mencegah kematian neonatal akibat diare dapat diaplikasikan pada industri obat-obatan atau farmasi.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. drh. Anita Esfandiari; Prof. Dr. drh. I Wayan Teguh Wibawan; Dr. drh. Sri Murtini; Dr. drh. Retno Wulansari

Institusi

Fakultas Kedokteran Hewan-IPB

Alamat

Dit. RKS IPB, Gd. A. H Nasoetion Lt. 5, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi